ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KOTA BANJAR

Risa Rosina, NPM : NPM : 148010052 (2017) ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KOTA BANJAR. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Sampul Risa R Banjar S2.docx

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Isi Risa R Banjar S2.doc

Download (52kB)
[img] Text
Abstrak Risa Banjar.doc

Download (34kB)
[img] Text
Bab 1, 2.doc

Download (262kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah produktivitas kerja pegawai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh aspek-aspek kemampuan kerja yang belum dijalankan secara optimal oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Bersifat deskriptif yaitu penelitian untuk memperoleh gambaran secara umum tentang obyek yang akan diteliti berdasarkan keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan sesuai dengan tujuannya. Responden diambil dari pelaku kasus penelitian ini, sehingga bisa memberi jawaban yang akurat. Dengan demikian selain menggambarkan potret terhadap obyek yang dikaji, juga menjelaskan hubungan-hubungan dari beberapa variabel, menguji hipotesis-hipotesis, membuat prediksi maupun implikasi. Berdasarkan metode penelitian tersebut, maka gambaran masing-masing variabel yang menguji kedua variabel melalui pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji kontribusi pengaruh secara simultan, menunjukkan bahwa kemampuan kerja berpengaruh sangat besar dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai sebesar 86,1%. Artinya kemampuan kerja dapat menentukan tercapainya produktivitas kerja pegawai secara optimal di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar. Di samping kemampuan kerja, produktivitas kerja juga dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yang disebut dengan faktor epsilon sebesar 13.9%. Secara parsial kemampuan kerja yang terdiri dari aspek kecakapan kerja (19.1%), keahlian kerja (13,0%), kesehatan fisik (4,6%), kondisi lingkungan kerja (10,8%) dan tanggungjawab (38,6%) berpengaruh kuat dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai. Aspek tanggungjawab merupakan aspek yang terbesar mempengaruhi produktivitas kerja. Sedangkan aspek kesehatan fisik merupakan aspek yang paling kecil pengaruhnya terhadap produktivitas kerja di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Mar 2017 03:35
Last Modified: 21 Mar 2017 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item View Item