SYIFA NURAINI LATIFAH, NPM : 148090017 (2017) ANALISIS TINGKAT KEBAKUAN BAHASA INDONESIA PADA ARTIKEL GALAMEDIA DITINJAU DARI ASPEK KALIMAT EFEKTIF SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
1. COVER.docx Download (30kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
11. BAB 1.docx Download (43kB) |
|
Text
12. BAB 2.docx Download (67kB) |
Abstract
Nuraini Latifah, Syifa. 2017. “Analisis Tingkat Kebakuan Bahasa Indonesia pada Artikel Galamedia Ditinjau dari Aspek Kalimat Efektif serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII”.Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Wisnu Cahyadi, M.Si., (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kalimat efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tingkat kebakuan bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif? 2) Bagaimana bentuk kesalahan pemakaian kalimat bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif? 3) Bagaimana pemanfaatan hasil analisis tingkat kebakuan pemakaian bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif sebagai bahan ajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan: tingkat kebakuan bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif, bentuk kesalahan pemakaian kalimat bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif, dan pemanfaatan hasil analisis tingkat kebakuan pemakaian bahasa Indonesia pada artikel pendidikan dalam koran Galamedia ditinjau dari aspek kalimat efektif sebagai bahan ajar bahasa Indonesia. Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya analisis pada kebakuan kalimat dan kesalahan kalimat dalam artikel Galamedia, kemudian dijadikan bahan ajar, siswa mampu menentukan kalimat efektif dan tidak efektif. Keberhasilan dapat dilihat dari hasil 10 siswa yang mampu menjawab instrumen yang penulis ujicobakan. Bahan ajar berbentuk modul tersebut sudah valid karena telah divalidasi berdasarkan pertimbangan kriteria pemilihan bahan ajar yang baik. Bahan ajar modul hasil analisis dari artikel Galamedia dapatdijadikansalahsatuupayauntukmeningkatkankemampuan menggunakan kalimat efektif padasiswa kelas VII. Kata-kata kunci: artikel Galamedia, bahan ajar, kalimat efektif
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 03:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 08:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27067 |
Actions (login required)
View Item |