KAJIAN SUBSTITUSI TEPUNG UBI JALAR (Ipomoea batatas) VARIETAS SUKUH TERMODIFIKASI SECARA FISIK KE DALAM TEPUNG TERIGU DAN KONSENTRASI RAGI TERHADAP KARAKTERISTIK DONAT

Siska Sari Fitriani, Alumni and Sumartini, DS and Hervelly, DS (2017) KAJIAN SUBSTITUSI TEPUNG UBI JALAR (Ipomoea batatas) VARIETAS SUKUH TERMODIFIKASI SECARA FISIK KE DALAM TEPUNG TERIGU DAN KONSENTRASI RAGI TERHADAP KARAKTERISTIK DONAT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Microsoft Word - TUGAS AKHIR.doc.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh substitusi tepung ubi jalar termodifikasi secara fisik ke dalam tepung terigu dan konsentrasi ragi terhadap karakteristik donat. Manfaat dari penelitian ini adalah meningkatkan daya guna dan nilai ekonomi dari ubi jalar, memaksimalkan penggunaan tepung ubi jalar menjadi produk olahan dan menghemat penggunaan terigu yang masih dimpor. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama merupakan substitusi tepung ubi jalar termodifikasi ke dalam terigu (A) dengan tiga taraf yaitu perbandingan substitusi tepung ubi jalar termodifikasi : terigu (10:90), perbandingan substitusi tepung ubi jalar termodifikasi : terigu (20:80), dan perbandingan substitusi tepung ubi jalar termodifikasi : terigu (30:70). Faktor kedua merupakan konsentrasi ragi (B) dengan taraf 1%, 1,5% dan 2%. Hasil analisis statistik terhadap interaksi antara substitusi tepung ubi jalar termodifikasi ke dalam tepung terigu dan konsentrasi ragi berpengaruh terhadap volume pengembangan, kadar air, kadar gula reduksi, dan tekstur donat. Hasil analisis fisik, kimia, dan uji organoleptik sampel yang terpilih ialah pada perlakuan a3b1 (substitusi tepung ubi jalar termodifikasi ke dalam terigu 30:70 dan konsentrasi ragi 1%) dengan kadar lemak 24,35% dan kadar protein 5,82%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2014
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Mar 2017 02:52
Last Modified: 29 Aug 2018 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27054

Actions (login required)

View Item View Item