PENGARUH PERBANDINGAN KONSENTRASI PATI SAGU (Metroxylon Sp) DENGAN DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus) SERTA LAMA PEREBUSAN TERHADAP KARAKTERISTIK MI BASAH

Hazrul Kurniawan, Alumni and Hasnelly, DS and Thomas Gozali, DS (2017) PENGARUH PERBANDINGAN KONSENTRASI PATI SAGU (Metroxylon Sp) DENGAN DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus) SERTA LAMA PEREBUSAN TERHADAP KARAKTERISTIK MI BASAH. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER LAPORAN.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (60kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (167kB)
[img] Text
BAB 3.doc

Download (334kB)
[img] Text
BAB 4.doc

Download (165kB)
[img] Text
BAB 5.doc

Download (31kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Mi basah merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kadar air yang tinggi pada mi basah menyebabkan mi basah mudah rusak dan teksturnya kurang disukai oleh konsumen. Maksud penelitian ini adalah untuk memanfaatkan dan memberi variasi olahan sagu serta ikan nila yang meyehatkan dalam bentuk variasi olahan mi karena selain mengandung karbohidrat yang tinggi juga mengandung protein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk mi sagu dengan kadar protein dan nilai gizi lainnya yang tinggi melalui penambahan daging ikan nila, menguji pengaruh tingkat penambahan daging ikan nila terhadap kadar protein dan nilai gizi mi sagu serta sifat fisik dan organoleptik mi yang dihasilkan. Manfaat Penelitian ini adalah dalam diversifikasi pangan melalui pemanfaatan bahan baku lokal, pengembangan dan peningkatan nilai gizi produk mi sagu serta sebagai alternatif pemanfaatan ikan nila. Penelitian ini dilakukan dengan metode Model Rancangan Percobaan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor 3 taraf yaitu Faktor 1 adalah Perbandingan Konsentrasi Pati Sagu : Daging Ikan Nila (S) s1 = 55% : 45%, s2 = 50% : 50%, dan s3 = 45% : 55%. Faktor 2. Lama Perebusan (T), t1 = 3 menit , t2 = 5 menit, t3 = 7 menit Penelitian pendahuluan dengan uji organoleptik, perlakuan penambahan konsentrasi CMC terbaik pada pembuatan mi basah ikan nila adalah 2,5%. Berdasarkan penelitian utama, perlakuan perbandingan konsentrasi pati sagu dan ikan nila (S) memberikan pengaruh nyata terhadap kadar abu, kadar protein, kadar air, warna, dan rasa tetapi tekstur tidak memberikan pengaruh nyata. Perlakuan lama perebusan (T) memberikan pengaruh nyata terhadap respon kadar abu, warna, dan rasa pada penelitian utama. Interaksi perbandingan konsentrasi pati sagu dan ikan nila (s) dan lama perebusan (t) berpengaruh nyata terhadap respon kadar protein, kadar abu, warna, rasa, dan tekstur pada penelitian utama. Pada penelitian utama produk mi basah ikan nila terbaik dari keseluruhan respon diperoleh pada sampel s3t1 (pati sagu 45% dan ikan nila 55% serta lama perebusan 3 menit), karena dilihat dari uji kimia dan organoleptik merupakan sampel yang paling baik dan paling disukai panelis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2014
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Mar 2017 02:25
Last Modified: 18 Mar 2017 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27052

Actions (login required)

View Item View Item