PENDUGAAN UMUR SIMPAN KACANG TANAH GORENG(Arachis hypogeae L.) DENGAN PENAMBAHAN BUTYLATED HYDROXYTOLUENE (BHT) MENGGUNAKAN METODE ARRHENIUS

FAUZANI TIRTA PUSPITANINGTYAS, Alumni and Yudi Garnida, DS and Sumartini, DS (2017) PENDUGAAN UMUR SIMPAN KACANG TANAH GORENG(Arachis hypogeae L.) DENGAN PENAMBAHAN BUTYLATED HYDROXYTOLUENE (BHT) MENGGUNAKAN METODE ARRHENIUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
TUGAS AKHIR-FAUZANI TP.-113020171.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kacang tanah merupakan salah satu komoditi tanaman pangan bernilai ekonomis dan strategis yang banyak digunakan produsen sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan produk. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada produsen dalam penyimpanan bahan baku selama proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa lama umur simpan dari kacang tanah goreng dengan penambahan BHT (Butylated HYdroxytoluene) menggunakan metode Arrhenius. Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi kepada produsen mengenai umur simpan kacang tanah goreng dengan suhu penyimpanan yang selama ini digunakan. Suhu penyimpanan yang digunakan selama penelitian ini adalah 15°C, 25°C dan 35°C kemudian melihat perubahan mutu kacang tanah goreng selama 7 hari dengan parameter kimia yang dianalisis adalah kadar air, kadar asam lemak bebas. Serta dilakukan juga uji indrawi dengan menggunakan uji hedonik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa umur simpan dan mutu sesuai dengan suhu penyimpanan di produksi yaitu 25°C dan parameter yang diukur yaitu kadar air, kadar asam lemak bebas dan uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan nilai E (energi aktivasi) terkecil digunakan untuk penentuan umur simpan produk yaitu parameter kadar asam lemak bebas dari penggorengan keempat. Dari laju penurunan mutu dapat diketahui bahwa umur simpan hingga turunnya mutu kacang tanah goreng kontrol (tanpa penambahan BHT) yang disimpan pada suhu ruang 25°C adalah 3,62 hari sedangkan kacang tanah goreng dengan penambahan BHT adalah 8,18 hari berdasarkan pendekatan respon kadar asam lemak bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2014
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 18 Mar 2017 02:19
Last Modified: 18 Mar 2017 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27051

Actions (login required)

View Item View Item