IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Aman D. Sitanggang, NPM : 148060015 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER TESIS.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian siswa SMP Santa Angela kelas VIII yang dianggap masih rendah menjadi alasan utama dari munculnya penelitian ini, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu penelitian yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Metode Problem Based Learning dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”. Gaya belajar siswa berbeda-beda sehingga diperlukan perlakuan yang berbeda dalam pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar. Penelitian ini menggunakan metode campuran Concurrent Triangulation. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII dengan sample kelas VIIIA dan VIIIE. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan di antaranya; 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran metode PBL dengan strategi konflik kognitif lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya belajar audio lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetis; 3) kemandirian siswa yang mendapat pembelajaran metode PBL dengan strategi konflik kognitif cenderung lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; 4) ada korelasi yang positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemandirian siswa Kata kunci : Strategi Konflik Kognitif Metode Problem Based Learning, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 09 Mar 2017 20:11
Last Modified: 09 Mar 2017 20:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27016

Actions (login required)

View Item View Item