PENGARUH SUHU PENYIMPANAN DAN LAMA PENCELUPAN EDIBLE COATING BERBASIS NATA DE COCO TERHADAP KARAKTERISTIK BUAH POTONG MELON (Cucumis melo L.)

Meisy Christina, Alumni and Neneng Suliasih, DS and Lucia Indrarti, DS (2017) PENGARUH SUHU PENYIMPANAN DAN LAMA PENCELUPAN EDIBLE COATING BERBASIS NATA DE COCO TERHADAP KARAKTERISTIK BUAH POTONG MELON (Cucumis melo L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR.doc
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu penyimpanan dan lama pencelupan serta interaksi keduanya terhadap karakteristik buah potong melon. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk mempertahankan kualitas dan umur simpan buah potong melon (Cucumis melo, L) yang dilapisi edible coating nata de coco. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 2x3 dan ulangan sebanyak 4 kali. Faktor pertama adalah suhu penyimpanan (T) yang terdiri dari t1 (suhu 270C) dan t2 (suhu 50C). Faktor kedua adalah Lama Pencelupan (P) yang terdiri dari p1 (pencelupan selama 15 detik), p2 (pencelupan selama 60 detik) dan p3 (pencelupan selama 120 detik). Respon pada penelitian ini adalah umur simpan dengan parameter Total Plate Count (TPC). Respon kimia adalah kadar vitamin C, fisik susut bobot, dan uji organoleptik yang meliputi warna, aroma, tekstur dan rasa. Berdasarkan penelitian pendahuluan konsentrasi CaCl2 terpilih dengan menggunakan uji organoleptik adalah 1%. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa suhu penyimpanan berpengaruh terhadap respon warna, aroma, tekstur, rasa, kadar vitamin C dan umur simpan buah potong melon tetapi tidak berpengaruh terhadap susut bobot. Lama pencelupan dan interaksi keduanya berpengaruh terhadap umur simpan buah potong melon tetapi tidak berpengaruh terhadap respon warna, aroma, tekstur, rasa, kadar vitamin C dan susut bobot. Perlakuan t2p2 (suhu penyimpanan 50C dan lama pencelupan 60 detik) adalah perlakuan terbaik untuk menjaga kualitas buah potong melon, didapat umur simpan selama 16,63 hari, kadar vitamin C 17,15 mg/100g bahan dan susut bobot 58,55%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 11 Mar 2017 05:20
Last Modified: 11 Mar 2017 05:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26995

Actions (login required)

View Item View Item