FAISAL RAHMAT PERMANA (2017) ANALISIS DOKUMEN PERENCANAAN MENGAJAR PADA PROSES BELAJAR PIANO GRADE 1 DI ELFA MUSIC SCHOOL KOPO BANDUNG. Faisal Rahmat Permana 12.6040061. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
Cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 2 & D.PUSTAKA.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) piano grade 1 di EMS Kopo sesuai dengan RPP yang ditetapkan oleh Permendiknas No.41 tahun 2007. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini karena beberapa pertimbangan antara lain: (1) Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan permasalahan yang terkait dengan analisis dokumen perencanaan mengajar pada proses belajar piano grade 1 di EMS Kopo (2) Penelitian ini lebih bersifat induktif, artinya peneliti berusaha mendeskripsikan permasalahan berdasar data yang terbuka bagi penelitian lebih lanjut; (3) Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang wajar dan mengutamakan data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru tidak menuliskan dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007. Guru hanya menggunakan dokumen perencanaan mengajar berupa target pencapaian materi dan progress report saja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: Dokumen perencanaan mengajar pada proses belajar piano grade 1 di EMS Kopo tidak sesuai dengan dokumen perencanaan menurut permendiknas no. 41 tahun 2007 tentang standar proses perencanaan mengajar yang baik dan benar. Selain itu materi yang digunakan di EMS Kopo berbeda dengan materi yang digunakan oleh Bapak Gusti Nugraha, AMD. S.Sn. selaku Dosen Piano 1 di Jurusan Seni Musik Universitas Pasundan Bandung. Perbedaannya terletak pada awal pembelajaran. Materi pertama pada RPP di EMS Kopo adalah tentang tangga nada, sedangkan RPP yang digunakan pada piano 1 Seni Musik Unpas adalah Pengenalan posisi badan yang baik dan teknik penjarian yang benar saat memainkan piano. Maka dari itu dokumen perencanaan yang digunakan oleh EMS Kopo dalam pembelajaran piano grade 1 dianggap kurang lengkap. Meskipun pada fakta dilapangannya guru di EMS Kopo mengajarkan posisi duduk dan teknik penjarian yang baik dan benar saat bermain piano. Kata kunci : Analisis, Dokumen Perencanaan Mengajar, Piano, Permendiknas
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2017 |
Depositing User: | Mrs Susi setiawati |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 15:27 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 15:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26952 |
Actions (login required)
View Item |