PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI BAHAN PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK “SUSU” NABATI KOMBINASI JAGUNG (Zea mays L.), KACANG KEDELAI (Glycine max L.) dan KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.)

Ridha Syifayanti, Alumni and Asep Dedy Sutrisno, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2015) PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI BAHAN PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK “SUSU” NABATI KOMBINASI JAGUNG (Zea mays L.), KACANG KEDELAI (Glycine max L.) dan KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
bab 1-5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (12kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adala untuk mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi bahan penstabil terhadap karakteristik “susu” nabati kombinasi jagung, kacang kedelai dan kacang hijau. Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3x3 faktorial serta 3 kali ulangan, yang diikuti dengan uji Duncan. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi jenis bahan penstabil dengan variasi CMC, pectin, agar-agar dan konsentrasi bahan penstabil dengan variasi 0,10%, 0,20%, 0,30%.Respon yang digunakan pada penelitian ini yaitu kadar protein, kadar lemak, kestabilan dan uji organoleptik untuk warna, rasa, aroma, dan viskositas. Hasil yang didapatkan bahwa jenis bahan penstabil berpengaruh terhadap kadar protein, kestabilan, warna, aroma, dan viskositas dan “susu” nabati. Konsentrasi baan penstabil berpengaruh terhadap viskositas “susu” nabati. Interaksi jenis dan konsentrasi bahan penstabil berpengaruh terhadap viskositas “susu” nabati. Perlakuan a1b1 (‘susu” nabati dengan jenis bahan penstabil CMC dan konsentrasi bahan penstabil 0,10%) merupakan sampel terbaik dengan kadar protein 0,86%, kadar lemak 0,80% dan kestabilan 0,32%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 14 Feb 2017 03:41
Last Modified: 14 Feb 2017 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26907

Actions (login required)

View Item View Item