PENGARUH PERBANDINGAN GULA PASIR (SUKROSA) DENGAN GULA MERAH (GULA AREN) TERHADAP KARAKTERISTIK NOGA KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.,)

Rully Meilisa Kusuma Atmaja, Alumni and SUPLI EFFENDI, DS and Ela Turmala S, Ds (2015) PENGARUH PERBANDINGAN GULA PASIR (SUKROSA) DENGAN GULA MERAH (GULA AREN) TERHADAP KARAKTERISTIK NOGA KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.,). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ARTIKEL PENGARUH PERBANDINGAN GULA PASIR (SUKROSA) DENGAN GULA MERAH (GULA AREN) TERHADAP KARAKTERISTIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kacang hijau adalah tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropik. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Noga merupakan sebuah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Noga dapat berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang dipakai, noga juga dipakai sebagai isi batang permen atau coklat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh perbandingan gula pasir (sukrosa) dengan gula merah (gula aren) yang digunakan dalam pembutan noga kacang hijau. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang disusun menurut pola faktorial 10 × 1 dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan terdiri dari 1 faktor yaitu perbandingan konsentrasi gula pasir (sukrosa) dengan gula aren (gula merah), yang terdiri dari 10 taraf yaitu : n 1 (1:0), n 2 (1:0,25), n 3 (1:0,50), n (1:1), n 6 (1:1,25), n 7 (1:1,50), n 8 (1:1,75), n 9 (1:2), dan n (0:1) (b/b). Respon pada penelitian yang diuji terdiri dari uji organoleptik berdasarkan warna, rasa, aroma, dan tekstur; analisis kimia meliputi kadar air dan kadar gula reduksi; analisis fisika meliputi penentuan tingkat kekerasan. 10 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan konsentrasi gula pasir (sukrosa) dengan gula aren (gula merah) tidak memberikan pengaruh nyata terhadap respon organoleptik (warna, rasa, aroma, dan tekstur), kadar air dan kadar gula reduksi; tetapi berpengaruh nyata terhadap tingkat kekerasan noga kacang hijau. Perlakuan dengan kode sampel n (1 : 0,25) sebagai perlakuan terpilih dengan kadar air sebesar 7,45%; kadar gula reduksi 9,72%; dan tingkat kekerasan sebesar 2,17%. 2 4 (1:0,75), n 5

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:14
Last Modified: 06 Mar 2017 19:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item