Rusdi Saleh, Alumni and Sandhika Galih Amalga, ds and Fajar Darmawan, DS (2015) PEMBUATAN APLIKASI UNTUK MENAMPILKAN MODEL BENDA MUSEUM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
Abstrak_113040379.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Cover_dll_113040379.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Kata_pengantar_113040379.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1_113040379.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
Bab2_113040379.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
||
Text
Bab3_113040379.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
||
Text
Bab4_113040379.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembuatan model benda museum adalah salah satu bentuk teknik penanganan objek benda museum dalam memamerkan benda museum yang tidak bisa ditampilkan untuk beberapa alasan namun, model yang ditampilkan kepada pengunjung selama ini membuat pengunjung kesulitan berinteraksi dengan model benda museum karena dilindungi dengan alasan keamanan dan bernilai seni tinggi, oleh karena itu diperlukan inovasi peragaan objek benda museum yang dapat membantu pengunjung berinteraksi dengan benda museum. Augmented reality merupakan salah satu teknologi baru di bidang multimedia yang dapat menggabungkan objek virtual atau 3D ke dalam lingkungan nyata, kemudian memproyeksikan objek virtual tersebut secara real-time. Penelitian ini bertujuan menerapkan teknologi augmented reality dalam aplikasi multimedia yang interaktif untuk menampilkan model 3D benda museum yang dapat membantu pengunjung untuk berinteraksi dengan benda museum. Tugas akhir ini dilakukan melalui tahap analisis kebutuhan terhadap permasalahan yang dikemukakan dan solusinya. Penelitian dilakukan dengan mencari dan mempelajari berbagai referensi yang berhubungan dengan tinjauan museum dan konsep teknologi augmented reality. Pembuatan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metodologi pengembangan multimedia versi Luther, melalui tahap concept, design, material collecting dan assembly. Selanjutnya dilakukan pengujian black-box terhadap aplikasi yang telah dibuat dan membuat kesimpulan dan rekomendasi terhadap temuantemuan yang didapat dari hasil pengujian. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah sebuah aplikasi yang menerapkan teknologi augmented reality melalui metodologi pengembangan multimedia untuk menampilkan model benda museum. Kata kunci : model 3D, museum, teknologi augmented reality, multimedia, interaktif, pengujian black-box.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 07:13 |
Last Modified: | 08 Feb 2017 07:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26715 |
Actions (login required)
View Item |