IDENTIFIKASI HAMBATAN SAMPING YANG BERDAMPAK PADA KEMACETAN LALU LINTAS DI KORIDOR JALAN DR.SETIABUDHI BANDUNG

Hikmah Windu Jati, Alumni and Jajan Rohjan, DS and Furi Sari Nurwulandari, Dosen PWK Unpas (2017) IDENTIFIKASI HAMBATAN SAMPING YANG BERDAMPAK PADA KEMACETAN LALU LINTAS DI KORIDOR JALAN DR.SETIABUDHI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TA-ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA-COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA-KATA PENGANTAR.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keberadaan jalan yaitu sebagai alat untuk melayani pergerakan aktivitas wilayah perkotaan. namun pada umumnya, perkembangan kota berbanding lurus dengan peningkatan aktivitas sehingga munculnya permasalahan transportasi. Koridor Jl.Dr.Setiabudhi merupakan salah satu koridor yang teridentifikasi memiliki permasalahan transportasi cukup kompleks, munculnya permasalahan tersebut disebabkan faktor hambatan samping diantaranya parkir dibahu jalan, kegiatan pedagang kaki lima di trotoar dan bahu jalan, tingginya aktivitas penggunaan lahan sisi jalan berpengaruh terhadap kinerja jalan sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas dibeberapa titik pada koridor jalan Dr.Setiabudhi. Tujuan dalam studi ini yaitu mengidentifikasi kondisi lalu lintas dan dapat memberikan alternatif rencana dalam mengatasi kemacetan lalu lintas akibat hambatan samping dikoridor Jl.Dr.Setiabudhi,Bandung. Untuk mencapai suatu tujuan maka sasaran yang dilakukan yaitu dengan teridentifikasi titik kemacetan lalu lintas pada koridor Jl.Dr.Setiabudhi, teridentifikasi pengaruh hambatan samping terhadap kemacetan lalu lintas sehingga dapat mengetahui berapa besar kontribusi hambatan samping dikoridor Jl.Dr.Setiabudhi dan terumuskan arahan rencana dalam mengatasi hambatan samping sehingga dapat menangani permasalahan kemacetan lalu lintas dikoridor Jl.Dr.Setiabudhi. Dan metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Output yang diperoleh dari penelitian yakni, dari 9 segmen jalan 6 segmen diantaranya teridentifikasi mengalami kemacetan, disebabkan oleh faktor hambatan samping. Hambatan samping pada jl.Dr.Setiabudhi rata-rata dikategorikan dengan klasifikasi sangat tinggi. Kontribusi hambatan samping terbesar berada pada segmen 1 untuk hari libur sebesar 12,58% hari kerja sebesar 14.18%, segmen 5 untuk hari kerja sebesar 6.04% dan hari libur sebesar 9.18%, segmen 7 untuk hari kerja sebesar 12.34% dan hari libur 12.11%, segmen 8 untuk hari kerja sebesar 19.48% dan hari libur 18.23% serta segmen 9 untuk hari kerja sebesar 15.22% dan hari libur 15.63%, besarnya persentase hambatan samping dipengaruhi kegiatan keluar-masuk kendaraan, penyeberang jalan, on street parking dan angkutan umum menaik-menurunkan penumpang sembarangan hal tersebut berdampak terhadap penurunan kinerja jalan sehingga timbul permasalahan kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dirumuskan melalui beberapa arahan diantaranya dengan Menyediakan ramp, Dengan memberlakukan insentif dan disisentif (pajak tinggi) dan tarif parkir tinggi. Menyedikan celukan dan bus stop. Pemindahan sarana JPO pada tingkat pejalan kaki yang lebih tinggi, Menyediakan zebra cross, Menyediakan PELICAN CROSS (Pedestrian Light Controlled) dan Menerapkan konsep 1 pintu masukkeluar pada aktivitas guna lahan Kata Kunci : Hambatan Samping, Kemacetan Lalu Lintas, Kinerja Ruas Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:00
Last Modified: 07 Feb 2017 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item View Item