MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS IV SDN TOBLONG II KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG

Riandini Rahayu, 105060054 (2016) MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS IV SDN TOBLONG II KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.rtf

Download (492kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Other
SAMPUL.rtf

Download (132MB)

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di SDN Toblong 2 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 40 orang yang terdiri dari 18 Orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi tingkat prestasi belajar pada pengukuran sudut, pengukuran waktu dan panjang tahun pelajaran 2014/2015 yang belum optimal. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar dan aktivitas siswa kurang optimal dalam proses pembelajaran sehingga hasil pembelajaran kurang sesuai dengan harapan. Suasana pembelajaran hanya menggunakan pola klasikal sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran.Salah satu alternatif yang dapat di lakukan adalah dengan menggunakan metode Picture and Picture dengan pertimbangan bahwa siswa dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika siswa pada pengukuran sudut, waktu, dan panjang.Jika menggunakan benda-benda nyata yang menarik serta menggunakan alat peraga dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja guru dan aktivitas siswa sehingga hasil pembelajaranpun meningkat.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa lembar kerja siswa, dan lembar observasi.Instrumen lembar kerja siswa digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap tindakan pembelajaran. Lembar observasi digunakan untuk mengobservasi hal-hal sebagai berikut: (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran, (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran (3) Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil penelitian dari Siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keaktifan siswa yang semula hanya 47.5% pada Siklus I, dan pada Siklus II menjadi 82.5%.dengan demikian, dengan menggunakan metode Picture and Picture sangat menunjang terhadap aktifitas siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengukuran sudut, waktu dan panjang. Hal ii disebabkan dalam penggunaan metode Picture and Picture.Siswa dituntut melihat hal yang nyata dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Picture and Picture. Hasil dan Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2010
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 16 Mar 2016 07:27
Last Modified: 16 Mar 2016 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item