PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN KUNJUNGAN NUKLIR DENGAN PENDEKATAN METODE SERVIQUAL (STUDI KASUS : PUSAT SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR TERAPAN (PSTNT) BATAN BANDUNG

TESTIA NURBAYANI, 113040039 and Caca Emile Supriana, DS (2016) PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN KUNJUNGAN NUKLIR DENGAN PENDEKATAN METODE SERVIQUAL (STUDI KASUS : PUSAT SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR TERAPAN (PSTNT) BATAN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Bab 1_113040039.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PSTNT-BATAN merupakan salah satu instansi milik pemerintah yang bergerak dibidang jasa menggunakan tenaga nuklir. Salah satu jasa yang diberikan adalah Kegiatan kunjungan Nuklir di PSTNT BATAN Bandung, dimana kegiatan tersebut terkait penerimaan kunjungan mahasiswa atau siswa atau kelompok ke Pusat Teknologi Nuklir Bahan dan Radiometri dalam rangka sosialisasi atau pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir. Latar belakang dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui gap-gap yang terjadi dalam pelayanan kunjungan nuklir yang diberikan dan untuk menentukan peluang-peluang perbaikan yang dapat dilakukan terhadap dimensi layanan yang memiliki gap relatif besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SERVQUAL dari Parasuraman dkk, yang mengidentifikasikan kualitas pelayanan ke dalam 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, empathy dan assurance. Pengukuran tingkat kepuasan pengunjung mengenai pelayanan kunjungan nuklir menggunakan kuesioner. Sedangkan analisis mengenai ekspektasi dan persepsi pengunjung menggunakan analisis gap. Dalam melakukan penelitian ini ada beberapa tahapan yang di lakukan yaitu tahap pertama mengumpulkan data Gap 1 dari pihak manajemen PSTNT- BATAN dan menggumpulkan data Gap 5 dari pengunjung. Tahap kedua penggolahan data, penghitungan nilai Gap. Tahapan yang ketiga adalah menarik kesimpulan dan memberikan saran dari hasil analisa dan pengolahan data yang di lakukan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi perbaikan terhadap nilai gap yang di anggap kurang memenuhi dari kriteria kepuasan pengunjung. Kata Kunci : Kunjungan Nuklir, Servqual, Tangible, Reliability, Responsiveness, Empathy,Assurance, Ekspektasi, Persepsi, Analisis Gap.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:11
Last Modified: 07 Apr 2016 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item