UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Pamoyanan Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung)

Dudi Rahman Taufik, 1150602 54 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Pamoyanan Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK__.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam wilayah Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pamoyanan dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan minat belajar , sehingga masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM karena guru hanya menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model example non example . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa naan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran example non example yang terdiri dari beberapa fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari h asil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata- rata dari penilaian hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai mencapai 6 0 , 71 sedangkan penilaian hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 76, 04. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model example non example dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam wilayah Indonesia di kelas V SDN Pamoyanan . Dengan demikian, penggunaan model example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : Example non example , minat dan prestasi belajar . vi "

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:14
Last Modified: 05 Apr 2016 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item