PENGGUNAAN MEDIA FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Dengan Topik Bahasan Materi Pentingnya Dokumentasi Diri dan Keluarga Dilaksanakan Pada Siswa Kelas II SDN Melong Mandiri 7 Cimahi )

Fitria Pujiyati Aisyah, 095060142 (2016) PENGGUNAAN MEDIA FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Dengan Topik Bahasan Materi Pentingnya Dokumentasi Diri dan Keluarga Dilaksanakan Pada Siswa Kelas II SDN Melong Mandiri 7 Cimahi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I jadi.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Dengan Topik Bahasan Materi Pentingnya Dokumentasi Diri dan Keluarga Dilaksanakan Pada Siswa Kelas II SDN Melong Mandiri 7 Cimahi ) FITRIA PUJIYATI AISYAH 095060142 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pentingnya dokumentasi diri dan keluarga pada siswa kelas II SDN Melong Mandiri 7 Cimahi, dengan menggunakan media fotografi. Hal tersebut didasari oleh kurangnya aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas kepada prestasi belajar yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari p erencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dant eknik non tes untuk menget ahui aktivitas siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkani strumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur ketepatan RPP, lembar alat penilaian kinerja guru/peneliti, lembar alat aktivitas siswa dalam pembelajaran, lembar alat penilaian prestasi b elajar siswa, lembar penilaian aktivitas siswa dalam kelompok, lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media fotografi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belaj ar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata dari data awal sampai siklus II, yaitu pada data awal 15% siswa yang mencapai KKM, siklus I 50% siswa yang mencapai KKM, siklus II 80% siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian, penerapan media fotog rafi dalam pembelajaran IPS sangat menunjang hasil belajar siswa pada pokok pentingnya dokumentasi diri dan keluarga di kelas II sekolah dasar. Hal ini di sebabkan dalam penggunaan media fotografi, siswa dituntut lebih focus ketika guru menyampaikan materi pelajaran, dapat berdiskusi dengant emannya, dapat lebih aktif ketika pembelajaran. Kata Kunci: Media Fotografi, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Apr 2016 03:55
Last Modified: 02 Apr 2016 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item