RESTY NOVI RACHMAWATI, 115030117 (2016) BI.2015... PEMBELAJARA N M EMPRODUKSI TEKS ULASAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN M ODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS XI SM K NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PEL AJARAN 201 4 /201 5. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIX.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
vii ABSTRAK Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sangatlah penting. Salah satu keterampilan ya ng harus dikuasai adalah menulis . Untuk itu, penulis teratrik melakukan penelitian dengan judul: “Pembelajaran Memproduksi Teks Ulasan Drama dengan Menggunakan M odel Group Investigation pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015. Permasalah an yang penulis rumuskan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan m odel Group Investigation pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung ?; (2) Mampukah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung memproduksi teks ulasan drama berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan yang tepat ?; (3) Efektifkah m odel Group Investiga tion diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan drama pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung ? Hipotesis yang penulis rumuskan adalah; (1) P enulis ma mpu merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan m odel Group Investigation pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung ; (2) Siswa kelas XI mampu memproduksi teks ulasan drama berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan yang tepat ; (3) Model Group Investigation efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitia n; ( 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan model Group Investigation pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pe mbelajar - an memproduksi teks ulasan drama dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan adalah 3,8 dan terma suk kategori sangat baik (A) ; ( 2) Siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bandung mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan baik. Hal ini terbukti pada ada nya perbedaan hasil nilai pretes dan postes. Nilai rata - rata pre tes yaitu 24,9 sedangkan nil ai rata - rata postes yaitu 76,3 . Peningkatannya sebesar 14% ; ( 3) Model Group Investigation digunakan dalam pe mbelajaran memproduksi teks ulasan drama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Bandung berhasil dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik yang dilakukan penulis diperoleh t hitung ≥ t tabel atau 14,2 ≥ 2,09 pada taraf 95%, dan derajat kebebasan 19. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran memproduksi teks ulasan drama dengan menggunakan model Group Investigation berhasil dengan baik. Kata Kunci: Memproduksi , t eks ulasan d rama , m odel group i nvestigation . viii ABSTRACT Indonesian learning in school is very important. One of the skills that must be mastered is writing. To that end, the authors teratrik conduct research with the title: "Learning Producing Drama Review Text Usi ng the Model Group Investigation in Class XI SMK 4 Bandung in academic year 2014/2015. The problems that the writer formulated are: (1) Can the author of planning and implementing learning drama review text produced by using a model of Group Investigation in class XI student of SMK Negeri 4 Bandung ?; (2) Can the class XI student of SMK Negeri 4 Bandung produce text reviews drama based on the structure of text, linguistic characteristics and proper writing conventions ?; (3) Effective the Group Investigatio n model applied in teaching drama at producing text review class XI student of SMK Negeri 4 Bandung? The hypothesis is that the writer formulated; (1) The author is able to plan and carry out learning produce drama review text by using the model of Group Investigation in class XI student of SMK Negeri 4 Bandung; (2) The students of class XI capable of producing text reviews drama based on the structure of text, linguistic characteristics and proper writing conventions; (3) Model Group Investigati on effectively used in producing instructional text reviews on a class XI student of SMK Negeri 4 Bandung. The research method that I use is a quasi - experimental methods to study the techniques of observation, testing, and tests. The research results; (1) The author is able to plan and carry out learning produce drama review text by using the model of Group Investigation in class XI student of SMK Negeri 4 Bandung. This is proven by the results of assessment planning and implementation of early learning produces text reviews the drama of the subject teachers Indonesian. The results of the planning assessment is 3.8 and includes the excellent category (A); (2) a class XI student of SMK Negeri 4 Bandung capable of implementing the learning produce drama with a good text review. This was evident in the difference in the results of the pretest and posttest. The average value of 24.9 while the pretest that the average post - test score is 76.3. The increase of 14%; (3) Model Group Investigation used in producing instructional text review plays in Class XI SMK 4 Bandung successful. This can be evidenced by the results of statistical calculations by the author obtained t ≥ 14.2 ≥ 2.09 ttable or at the level of 95%, and the degree of freedom of 19. Thus, th e authors conclude learning producing drama review text using Group Investigation model successfully with good. Keywords: Producing, text reviews the drama, the model group investigation.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Apr 2016 03:10 |
Last Modified: | 02 Apr 2016 03:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1883 |
Actions (login required)
View Item |