UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI

LIA MARLINA, 115060313 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG HUBUNGAN MAKANAN DAN KESEHATAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK lia.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Mulya I Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah 37 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajar IPA yang kurang bermakna, masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi upaya meningkatkan hasil belajar siswa tentang hubungan makanan dan kesehatan melalui metode pembelajaran demonstrasi. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan hasil belajar dan hasil tes yaitu pada pembelajaran pra tindakan nilai rata – rata sebesar 53,4, pada siklus I nilai rata – rata 67,2 dan menjadi 84 pada siklus I. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPA maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci:Metode Demonstrasi, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 01 Apr 2016 07:59
Last Modified: 01 Apr 2016 07:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item