PEMBELAJARAN MENG ANALISIS MAKNA KATA POLISEMI DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS X I SMA N EGERI 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PEMBELAJARAN MENG ANALISIS MAKNA KATA POLISEMI DALAM TEKS CER, 1 150300 1 0 (2016) PEMBELAJARAN MENG ANALISIS MAKNA KATA POLISEMI DALAM TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS X I SMA N EGERI 1 BATUJAJAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1 dan BAB 2.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

v ABSTRAK Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata - kata atau bahasa tulisan. Permasalah skripsi ini meliputi: (1) kemampuan penulis melaksa nak an Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen dengan menggunakan Metode TGT pada siswa kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar ; (2) kemampuan siswa kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar dalam meng analisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dal am Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dengan menggunakan Metode TGT ; (3) ketepatan model TGT yang digunakan dal am Pembelajaran Menganalisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen p ada Siswa Kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar . Untuk mengetahui masalah di atas, penulis mengadaka n penelitian dengan tujuan : (1) untuk memperoleh gambaran kemampuan penulis dalam melaksanak an pembelajaran menganalisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dengan menggunakan metode TGT pada siswa kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar ; (2) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar dalam pembelajaran meng analisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dengan tepat ; (3) untuk mengetahui ke efektifan m etode TGT yang digunakan dalam pembelajaran meng analisi s makna kata polisemi pada siswa kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar. Hipotesis yang dirumuskan adalah: (1) penulis mampu menggunakan m etode TGT pada Pembelajaran Meng analisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen p a da Siswa Kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar ; (2) siswa mampu meng analisis makna kata polisemi dalam teks cerpen dengan menggunakan metode TGT ; (3) Metode TGT efektif digunakan dalam Pembelajaran Meng analisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen . Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh nilai rat a - rata untuk persiapan yaitu 3,6 3 dan nilai rata - r ata untuk pelaksanaan adalah 3,8 dengan kategori baik sekali (A). Sementara untuk hasil rata - rata pretes yaitu 1,01 dan rata - rata postes 2,55 dengan selisish nilai 5,3 . Hal tersebut membuktikan bahwa siswa kelas X I SMA N egeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2015/2016, mampu Meng analisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen dengan mengguna kana metode dengan baik. Dalam hal ini, dari hasil perhitungan statistik dan hasil perhitungan taraf signifikan pun diketahui bahwa t hitung > t tabel , yaitu 1,29 . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pe rbedaan dengan menggunakan metode TGT . Penggunaan model pembelajaran yang menarik dapat memotivasi siswa agar belajar aktif, kreatif, komunikatif, menyenangkan serta tidak jenuh. Oleh karena itu, hendaknya guru Bahasa dan Sastra Indonesia harus pandai membuat dan menyajikan model - model pembelaj aran yang dapat membuat kemudahan dalam penyampaian materi kepada siswa. Kata kunci: Pembelajaran Meng analisis Makna Kata Polisemi dalam Teks Cerpen dengan menggunakan Metode TGT . vi ABSTRACT Reading is a process that is carried and used by the reader to get a message that would be submitted by the author through the medium of words or written language. Problems of this thesis include: (1) the ability of the author to implement the Analy zing Learning polisemi m eaning of words in text hort storys using TGT metode in class X I of SMAN 1 Batujajar ; (2) the ability of class X I of SMA N egeri 1 Batujajar in analyzing the meaning of the word short story polisemi text in Learning to Analyzing Mean ing of Words polisemi using TGT metode ; (3) the accuracy of the metode used in the TGT Analyzing Learning polisemi me aning of words in text short story on Class X I SMA N egeri 1 Batujajar . To know the problems mentioned above, the authors conducted r esearch with the aim of: (1) to obtain a picture of the author's ability to implement learning polisemi interpretation of the meaning of words in text using the metode TGT short story in class X I of SMA N egeri 1 Batujajar ; (2) to determine the ability of class X of SMA N egeri 1 Batujajar learning polisemi analyzing of the meaning of the word in the tex t with the appropriate short story ; (3) to dete rmine the effectiveness of TGT metode used in interpreting t he meaning of th e word polisemi learning in class X I of SMA N egeri 1 Batujajar. Formulated hypothesis are: (1) the author is able to use the metode TGT the Analyzing Learning polisemi me aning of words in text Short Story on Class X I SMA N egeri 1 Batujajar ; (2) the student is able to interp ret the meaning of the polisemi word on short story text using TGT metode ; (3) Metode TGT effect ively used in the Analyzing Learning polisemi me aning of words in text Short Story . Based on the research conducted, the author s obtain an average value for the preparation is 3.6 3 and the average valu e for the implementation was 3.8 with a good category (A) . As for the average yield of 30 pre test and post - test average of 1,01 to selisish value of 1,54 or 5,3 % . It is proved that the class X I of SMA N egeri 1 Batujajar the Academic Year 2015/2016, able to Interpret Meaning idiomatic words in text by using current models Anecdotes well. In this case, the results of statistical calculations and the results of calculations significance level was known that t count> t tab le, namely 1,29> 28,75 . This shows that there is a difference by using the metode TGT . Use of an attractive model of learning can motivate students to learn actively, creative, communicative, fun and unsaturated. Therefore, teachers should Indonesian Language and Literature should be clever to make and present models of learning that can make the ease of delivery of materials to the students. Keywords: Learning to Interpret the idiomatic meaning of the word in the Text Anecdotes using TGT metode .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Mar 2016 06:44
Last Modified: 31 Mar 2016 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item