PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ADE LIA ROSMIATI, 115030015 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01.COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

vi PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ABSTRAK Menganalisis adalah melakukan pemeriksaan mendalam pada suatu persoalan untuk memperoleh suatu hasil. Menganalisis unsur intrinsik cerpen merupakan proses dari menelaah data secara keseluruhan dan secara mendalam mengenai unsur intrinsik suatu karya sastra yang bertujuan agar lebih memahami karya sastra yang dibaca. Cerpen adalah suatu bentuk prosa fiksi yang memiliki wujud fisik cerita yang pendek, yang bisa dibaca dalam sekali duduk tidak memerlukan waktu yang lama dalam pembacaannya. Model student facilitator and explaining merupakan model yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kembali kepada siswa lainnya mengenai materi ajar yang telah disampaikan oleh guru melalui bagan atau peta konsep pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan, penulis dan siswa mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan model student facilitator and explaining. Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan model student facilitator and explaining 2) Siswa kelas SMA Pasundan 8 Bandung, mampu menganalisis unsur itrinsik cerpen dengan menggunakan model student facilitator and explaining. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu 36,36 sedangkan nilai rata-rata postes 82,9. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 1,87%. Model student facilitator and explaining sangat efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 14,45 ttabel sebesar 0,13 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa model student facilitator and explaining ini tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung, karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan sumber kecerdasannya dan cara belajar menuju lebih baik dan khususnya pada saat menganalisis cerpen. Kata Kunci : Pembelajaran, menganalisis, unsur intrinsik, cerita pendek, model, student facilitator and explaining

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
PRESENTATION
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Mar 2016 06:34
Last Modified: 09 Apr 2016 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item