vii U PAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN A SMI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROBLEM B ASED L EARNING (PBL)

Rama Wijaya, 115060106 (2016) vii U PAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN A SMI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROBLEM B ASED L EARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

vii U PAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN A SMI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROBLEM B ASED L EARNING (PBL) Oleh Rama Wijaya 115060106 ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan setelah melihat permasalahan yang terjadi dilapangan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung diantaranya terlihat banyak siswa tidak berani untuk berpendapat ,bertanya, dan menjawab pertanyaan, serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat oleh guru. Hal inilah yang menjadi pokok permasala han dalam penulisan skripsi ini . Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning rasa percaya diri dan hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam keberagaman, peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase keseluruhan siswa selalu meningkat pada setiap pelaksanaan siklusnya. Pad a siklus 1 persentase penilaian sikap rasa percaya diri siswa mencapai 70,28% atau 26 orang siswa yang dinyatakan tuntas kemudian untuk penilaian hasil belajar pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 64,87% atau 24 orang siswa yang dinyatakan tuntas. S edangkan pada pelaksanaan siklus 2 hasil penilaian sikap rasa percaya diri mencapai persentase sebesar 91,90% atau 34 orang siswa yang mencapai ketuntasan, kemudian penilaian hasil bela j ar pada siklus 2 mencapai persentase sebesar 86,48% atau 32 orang sisw a yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Kata kunci : Rasa percaya diri, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:28
Last Modified: 30 Mar 2016 04:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item