PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DAN PEDULI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

N. Dewi Nurpuspita Sari, 115060208 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DAN PEDULI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.rtf

Download (648kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (34kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi dan peduli sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan keberagaman suku bangsa dan budaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pamucatan dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap toleransi , peduli sosial dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian sikap toleransi dan peduli sosial dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap dan hasil tes belajar. Pada penilaian sikap toleransi dan peduli sosial nilai rata-rata siklus 1 yaitu 3,0 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 3,7. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 78,3, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 84,3. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap toleransi, peduli sosial dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keberagaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SDN Pamucatan Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: problem based learning, sikap tolerasi dan peduli sosial, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Mar 2016 08:04
Last Modified: 30 Mar 2016 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item