PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS” (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Keanekaragaman Budaya di Indonesia Semester 1 di Kelas V SDN Cigumelor Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung)

Tia Setiawan, 115060057 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS” (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Keanekaragaman Budaya di Indonesia Semester 1 di Kelas V SDN Cigumelor Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
Office 2007 BAB I fix.doc

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (35kB)
[img] Text
COVER JUDUL SKRIPSI.doc

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman budaya di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cigumelor dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian sikap rasa ingin tahu dan percaya diri nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2,9 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 3,3. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus 1 yaitu 54,98 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 68,60. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 60,67, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,83. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman budaya di Indonesia di kelas V SDN Cigumelor. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: problem based learning, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:44
Last Modified: 29 Mar 2016 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item