PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS SEJARAH KE DALAM TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XII SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

DIYAH RETNO WIDIA ASTUTI, 115030144 (2016) PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS SEJARAH KE DALAM TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XII SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI (P).rtf

Download (14MB)
[img] Text
ABSTRAK .rtf

Download (91kB)
[img] Text
10.BAB I FIX.docx

Download (34kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk mengonversi sejarah ke dalam teks berita. Model problem based learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberikan solusi dalam dasar pembelajaran. Sehubungan de-ngan itu, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Mengonversi Teks sejarah ke dalam Teks berita dengan Menggunakan Metode Problem Based Lerning pada Siswa Kelas XII TKJ SMK Psundan 4 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Mampukah penulis me-laksanakan pembelajaran mengonversi teks sejarah ke dalam teks berita dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas XII SMK Pasundan 4 Bandung?;(2) mampukah siswa kelas XII TKJ SMK Pasundan 4 Ban-dung mengonversi teks sejarah ke dalam teks berita dengan menggunakan metode problem based learning?; dan (3) efektifkah model problem based learning di-gunakan dalam pembelajaran mengonversi teks sejarah ke dalam teks berita. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonversi teks sejarah ke da-lam teks berita dengan menggunakan metode problem based learning pada siswa kelas XII SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil pe-nilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,9. Kemampuan penulis termasuk kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas XII TKJ SMK Pasundan 4 Bandung mampu mengonversi teks se-jarah ke dalam teks berita dengan menggunakan metode problem based lear-ning pada siswa kelas XII SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,62 dan nilai rata-rata postes 3,17. Peningkatannya sebesar 1,55. 3. Model problem based learning tepat digunakan dalam pembelajaran mengon-versi teks sejarah ke dalam teks berita. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 77,5, ttabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 26. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa ketiga hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci : Pembelajaran, mengonversi, teks sejarah, teks pantun, model prob-lem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:31
Last Modified: 29 Mar 2016 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item