PEMBELAJARAN MENGANALISIS RETORIKA TAUTOLOGI DALAM TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS X SMK BAKTI ILHAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DIDIEK FIRMANSYAH, NIM 115030148 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS RETORIKA TAUTOLOGI DALAM TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS X SMK BAKTI ILHAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Membaca dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi membaca, termasuk menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi. Model the power of two, merupakan salah satu model pembelajaran koperatif yang memberikan inspirasi dalam mengemukakan gagasan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi dengan mengguna-kan model the power of two pada siswa kelas X SMK Bakti Ilham. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi dengan menggunakan model the power of two pada siswa kelas X SMK Bakti Ilham menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi berdasarkan pengertian, struktur, jenis tautologi, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat? 3) Efektifkah model the power of two digunakan dalam pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi dengan menggunakan model the power of two pada siswa kelas X SMK Bakti Ilham. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi dengan menggunakan model the power of two pada siswa kelas X SMK Bakti Ilham. 2) Siswa kelas X SMK Bakti Ilham mampu menganalisis retorika tautologi dalam tekspuisi dengan menggunakan pengertian, struktur, ciri kebahasaan, jenis tautologi, dan kaidah penulisan yang tepat. 3) Model the poser of two efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi pada siswa kelas X SMK Bakti Ilham. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Hasil pnelitian yang penulis laksanakan dapat diuraikan sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi dengan menggunakan model the power of two pada siswa kelas X SMK Bakti Ilham. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,5 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4. Kemampuan penulis termasuk kategori sangat baik (A). 2) Siswa kelas X SMK Bakti Ilham mampu menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi dengan pengertian, struktur teks, jenis tautologi, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 28,66 dan nilai rata-rata postes 71,16. Peningkatannya sebesar 42,50. 3) Model the ower of two efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis retorika tautologi dalam teks puisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil 23,8, > 2,00 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 29. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan, dapat disimpulkan bahwa hasil akhir dari hasil penelitian dapat diterima. Kata Kunci : Pembelajaran, menganalisis, retorika, tautologi, puisi, model the power of two ABSTRACT Reading is one important aspect in the communication process. Reading can make someone better recognize the ability and potential. All students have the potential to Read, including analytic of rethoric tauthologyt of poem. The power of twot is one of the learning method that are gave the isnpiration to product an idea. Accordingly, the author is interested in doing research to analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method in X class SMK Bakti Ilham. Formulation of the problems that the author ask are 1) can the author does learn to analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method in class X SMK Bakti Ilham? 2) can X students of SMK Bakti Ilham create to analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method? 3) is the power of two method effective used in teaching to analytical of rethoric and taythology at X class SMK Bakti Ilham. The formulation of hypothesis are : 1) the author can do the activities of learn to analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method in class X SMK Bakti Ilham.. 2) X class of SMK Bakti Ilham can do analytic of rethoric and taythology of poem using the power of two method. 3) the power of two method is effective to analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method in X class of SMK Bakti Ilham. The research of method that author use is an experimental method technicly of research for literature study, observation, testing, and tests. The results of the research are follows. 1) The author can do to analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method in class X SMK Bakti Ilham. This is proved by the results of the assessment planning of learning by 3.5 and implementation of learning by 3.4. The ability of authors including is very good category (A). 2) X class of SMK Bakti Ilham can analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method text structure of text, characteristics of linguistic, and the rules of proper writing. This is proved by the results of the average value of 28,66 pretest and posttest mean score of 71.16. Increase of 42,50. 3) The power of two method is accurate to learn analytical of rethoric and taythology of poem using the power of two method. This is provide by the results of the statistical calculation results tcount 23,8, ttable of 2.00 at 95% confidence level, and by 29 db. Meaning, the authors conclude that all hypotheses are formulated acceptable. Based on the analysis of data and evaluation results described above, it was concluded that the autor propose a third hypothesis can be accepted. Key Word : Learning, analythic, rethoric, tauthology, poem, the power of two method

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:56
Last Modified: 28 Mar 2016 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item