FOTOMONTASE SEBAGAI MEDIA KRITIK FOTOGRAFI PERIKLANAN PRODUK KECANTIKAN DI INDONESIA HELMI FRAWISANDI.08.60.200.27

HELMI FRAWISANDI (2016) FOTOMONTASE SEBAGAI MEDIA KRITIK FOTOGRAFI PERIKLANAN PRODUK KECANTIKAN DI INDONESIA HELMI FRAWISANDI.08.60.200.27. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img]
Preview
Text
TA Helmi Frawisandi DVD.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada iklan produk pemutih kulit Citra White di Indonesia periode 1995-2004, dengan menggunakan pendekatan foto montase sebagai metode penciptaan karya. Penelitian ini mengacu pada rumusan masalah, yaitu: (1)Bagaimana pesan dari perubahan konsep kecantikan yang ditampilkan iklan produk Citra White di Indonesia pada tahun 1995 hingga 2004?, dan (2) bagaimana karya foto montase dapat mengkritisi fenomena ke-putih-an di Indonesia? Untuk menjawab masalah tersebut penciptaan karya visual digunakan metode penelitian pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta pengumpulan dokumen dan literatur sesuai dengan obyek dan masalah penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan berkesinambungan mulai data observasi, wawancara dan dokumen yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa putih tidak dengan sendirinya menjadi cantik, idealisme warna kulit putih di Indonesia terpengaruh sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia sehingga menjadi frame of refrence yang juga terdapat dalam Iklan Citra White, masyarakat (terutama wanita) Indonesia diajak untuk mengubah warna kulitnya yang bukan berkulit putih menjadi putih. Temuan penelitian pada produk dan Iklan Citra White dalam karya fotografi dengan metode foto montase diberi judul: Diskriminasi Estetik, dengan maksud memperlihatkan bahwa tubuh (kulit) yang terperangkap dari sebuah persepsi putih yang dipahami selama ini. Diskriminasi Estetik menggambarkan seorang wanita yang memiliki mimpi untuk memutihkan seluruh kulitnya. penciptaan karya ‗Diskriminasi Estetik‘ ingin menyampaikan pesan yang bisa dipahami masyarakat dalam mendeskripsikan ulang tentang kecantikan yang selama ini lekat dengan sebuah diskriminasi yang berlaku, namun tak terungkapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:12
Last Modified: 28 Mar 2016 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item