MAHARDIKA PUJI MANDIRI, 115030108 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI ISI TEKS CERPEN TERKAIT DENGAN MASALAH SOSIAL DAN BUDAYA SISWA MENGGUNAKAN METODEIMPROVE PADA SISWA KELAS XISMA BINA DHARMA 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
Text
cover.docx Download (54kB) |
Abstract
vi ABSTRAK Teks cerpen adalah sebuah karangan fiksi berbentuk prosa yang dapat dibaca sekali duduk. Metode Improve model pembelajaran yang mengaitkan teks dengan masalah di lingkungan sekitar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya siswa menggunakan metode Improve pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) mampukah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung; 2) mampukah siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya menggunakan metode Improve?; 3) efektifkah metode Improve diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan metode Improve dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya pada siswa kelas XI Bina Dharma 2 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya menggunakan metode Improve pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung; 2) siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung mampu mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya menggunakan metode Improve; 3) metode Improve efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait masalah sosial dan budaya pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya menggunakan metode Improve pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan 3,64 dan pelaksanaan sebesar 3,67. 2. Siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung mampu mengidentifikasi isi teks cerpen terkait masalah sosial dan budaya menggunakan metode Improve. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates yaitu 44,1 dan nilai rata-rata pascates yaitu 63,3. Jadi, ada peningkatan sebesar 19,2 atau setara dengan 8,7%. 3. Metode Improve tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi isi teks cerpen terkait dengan masalah sosial dan budaya pada siswa kelas XI SMA Bina Dharma 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 4,56>ttabel 2,01 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 21. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi isi teks cerpen, masalah sosial dan budaya, Improve.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 05:22 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 05:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1603 |
Actions (login required)
View Item |