PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DENGAN TEPUNG TEMPE KACANG HIJAU DAN PENAMBAHAN AIR TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS JAMUR

Putri Rizqi Zulhiyati, Alumni and SUPLI EFFENDI, DS and Dede Zainal Arief, DS (2016) PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) DENGAN TEPUNG TEMPE KACANG HIJAU DAN PENAMBAHAN AIR TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS JAMUR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (289kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbandingan antara jamur tiram putih dengan tepung tempe serta penambahan air yang tepat dalam pembuatan sosis jamur. Manfaat dari hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya alternatif bahan nabati pengganti daging dalam pembuatan sosis, mengembangkan produk dari jamur tiram putih dan tempe sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, menambah wawasan serta pengetahuan dari peneliti dan menjadi produk diversifikasi makanan. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 sebanyak tiga kali ulangan yang dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan untuk faktor yang berbeda nyata. Variabel percobaan terdiri dari perbandingan jamur tiram putih dengan tepung tempe (75%:25%, 50%:50% dan 25%:75%) dan penambahan air es (20%, 25% dan 30%). Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa perbandingan jamur tiram putih dengan tepung tempe berpengaruh terhadap warna, kadar air, kadar protein, kadar lemak dan kekerasan sosis jamur. Penambahan air berpengaruh terhadap aroma, tekstur, kadar air, kadar protein, kadar lemak dan kekerasan sosis jamur. Interaksi antara perbandingan jamur tiram putih dengan tepung tempe dan penambahan air hanya berpengaruh terhadap kadar air sosis jamur. Produk terpilih yaitu perbandingan jamur tiram putih dan tepung tempe 75%:25% serta konsentrasi penambahan air 20%, dengan kadar air 60.06%, kadar abu 2.48%, kadar protein 14.10% kadar lemak 6.15% dan kekerasan 12.59 mm/detik/50gram. Kata kunci: jamur tiram putih, tepung tempe, sosis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:00
Last Modified: 04 Feb 2017 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15953

Actions (login required)

View Item View Item