PERANAN PERJANJIAN KEMITRAAN EKONOMI KOMPREHENSIF INDONESIA-UNI EROPA (IEU CEPA) DALAM PENINGKATAN KERJA SAMA PERDAGANGAN INDONESIA – PERANCIS

Emy Sri Reskiyah, 132030146 (2017) PERANAN PERJANJIAN KEMITRAAN EKONOMI KOMPREHENSIF INDONESIA-UNI EROPA (IEU CEPA) DALAM PENINGKATAN KERJA SAMA PERDAGANGAN INDONESIA – PERANCIS. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover Skripsi.docx

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (80kB)

Abstract

Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) merupakan salah satu kerja sama perdagangan bebas yang memiliki berbagai peluang dan tantangan yang harus dihadapi dan dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia untuk mencapai tujuan dari kerja sama itu sendiri dan tentunya untuk mencapai kepentingan nasional Indonesia yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat. Terkait tantangan dan peluang tersebut, penulis ingin mengetahui sejauh mana dampak IEU CEPA terhadap perkembangan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Perancis yang merupakan negara anggota UE terutama di bidang ekspor.Pembahasan dalam penelitian dapat dirumuskan pada sebuah pertanyaan: Bagaimana potensi kerja sama Indonesia-Perancis di bidang ekspor melalui kerangka kerja sama Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU –CEPA)? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah Indonesia khususnya dalam menyiapkan strategi pada upayapembukaan pasar baru bagi komoditi ekspor Indonesia ke Perancis dalam rangka memanfaatkan potential market:Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menelaah data dari berbagai sumber dan menginterpretasikannya sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) yaitu dengan memanfaatkan bahan pustaka atau dokumen tentang negosiasi dan perundingan IEU CEPA yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini adalah: dengan adanya langkah strategis dan upaya yang dilakukan akan berpeluang untuk meningkatkan perdagangan antara Indonesia – Perancis melalui negosiasi IEU CEPA sehingga membuka akses pasar bagi komoditi ekspor Indonesia.Adapun sektor komoditi yang berpotensi di pasar Perancis adalah Tekstil Produk Tekstil, Alas Kaki, Kopi, Minyak Atsiri, Kulit dan Produk Kulit. Kata Kunci: Kerja Sama IEU CEPA, Perdagangan Internasional, Ekspor, Perancis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 03 Feb 2017 09:00
Last Modified: 03 Feb 2017 09:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15915

Actions (login required)

View Item View Item