IDENTIFIKASI KUALITAS DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS SOSIAL DI PERKOTAAN PELABUHANRATU

YANDI HERDIANSYAH, 103060010 and Supratignyo Aji, DS and Reza Martani Surdia, Ds (2017) IDENTIFIKASI KUALITAS DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS SOSIAL DI PERKOTAAN PELABUHANRATU. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Fasilitas sosial merupakan suatu tempat penunjang dan kebutuhan utama yang dibutuhkan dalam kelangsungan hidup sehari-hari di sebuah wilayah tertentu. Pembangunan fasilitas sosial seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, peribadatan, juga perdagangan dan jasa memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas ekonomi, sosial, budaya serta kesatuan dan persatuan bangsa terutama sebagai modal dasar dalam memfasilitasi interaksi dan komunikasi antara kelompok serta masyarakat serta mengikat dan menghubungkan antar wilayah/kota. Perkembangan suatu wilayah/kota hendaknya diikuti oleh ketersediaan yang lengkap dan dapat melayani kebutuhan masyarakat setempat, sehingga perlu dilihat ketersediaan dan pelayanan fasilitas sosial tersebut. Hal ini sama halnya yang terjadi di Perkotaan Palabuhanratu yang memerlukan identifikasi mengenai kualias dan tingkat pelayanan fasiitas sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kualitas dan tingkat pelayanan fasilitas sosial di Perkotaan Palabuhanratu. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini yaitu metode kuantitatif dan kualitatif, dimana metode kuantitatif dengan menghitung analisis tingkat pelayanan berdasarkan kimpraswil (SK Menteri Permukiman dan Prafasilitas No. 534/KPTS/M/2001 dan SNI 03-1733-2004) dan metode analisis kualitatif dengan melihat analisis hasil persepsi masyarakat (kuesioner). Hasil dari penelitian ini yaitu dapat dilihat kelurahan mana dan fasilitas apa saja yang masih perlu peningkatan pelayanannya, sehingga perlu penambahan dalam upaya peningkatan dan pemerataan pelayanan fasilitas sosial tersebut agar dapat melayanai penduduk dan ketersediaan fasilitas sosial yang ada dapat terjangkau oleh penduduk, sedangkan untuk fasilitas sosial yang berkondisi buruk dapat diperbaiki agar dapat digunakan kembali sehingga kualitas dan tingkat pelayanan fasilitas sosial di Perkotaan Palabuhanratu menjadi lebih baik. Kata kunci : Fasilitas Sosial, Kualitas , Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:28
Last Modified: 03 Feb 2017 08:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15912

Actions (login required)

View Item View Item