PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

Thasa Nafis Shiam, 114010260 (2017) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
8. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM Thasa Nafis Shiam Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pasundan Bandung 2017 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan (Return On Equity, Earning per Share dan Debt To Equity Ratio) terhadap perubahan harga saham. Pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sample sebanyak 12 perusahaan makanan dan minuman dengan periode pengamatan selama tahun 2011-2015. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari Bursa Efek Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik yang meliputi uji autokorelasi, uji multikolinnearitas, uji heterokedastisitas, analisi regresi berganda yang meliputi analisis koefisiensi korelasi berganda, uji f, uji t serta determinasi. Hasil dari uji autokorelasi menunjukan bahwa pada tabel Durbin-Watson sebesar 2,238, nilai tersebut berada diantara range 1,08-2,34, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat autokorelasi antara Return On Equity, Earning Per Share dan Debt To Equity Ratio terhadap perubahan harga saham. Hasil pengujian dari uji multikolinieritas menggunakan nilai tolerance dan VIF (Variance Inflation Factors). Maka dapat disimpulkan tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas Return on Equit, Earning per Share dan Debt to Equity Ratio. Hasil pengujian heterokedastisitas menunjukan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas dalam penelitian ini. Hasil dari analisis koefisien korelasi berganda menunjukan (R) sebesar 0,833. Titik 0,833 berada pada range 0,800–1,000, maka hubungan yang terjalin sangat kuat. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kinerja keuangan (Return On Equity, Earning Per Share dan Debt To Equity Ratio) terhadap perubahan harga saham. Hasil dari determinasi secara simultan menunjukann nilai R Square sebesar 0,693 yang menunjukan bahwa proporsi pengaruh kinerja keuangan (ROE, EPS dan DER) terhadap perubahan harga saham, sedangkan sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari pengujian dari determinasi secara parsial menunjukan Earning Per Share memiliki tigkat kontribusi tertinggi yaitu sebesar 65%. Hasil pengujian dari uji f menunjukan Return On Equity, Earning Per Share dan Debt To Equity Ratio secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan harga saham. Hasil uji t menunjukan Return On Equity dan Earning Per share memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham, sedangkan dan Debt To Equity Ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham. Kata kunci : Kinerja keuangan, Return On Equity, Earning Per Share, Debt To Equity Ratio, Perubahan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2011
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:25
Last Modified: 27 Mar 2018 09:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item