PERANAN KARANG TARUNA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN YANG PARTISIPATIF DI MASYARAKAT ( Studi Deskriptif Terhadap Karang Taruna Desa. Soreang Kecamatan. Soreang Kabupaten Bandung )

Endang Ahmad, 125010024 (2017) PERANAN KARANG TARUNA DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN YANG PARTISIPATIF DI MASYARAKAT ( Studi Deskriptif Terhadap Karang Taruna Desa. Soreang Kecamatan. Soreang Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Organisasi Kepemudaan Karang Taruna merupakan pilar partisipasi masyarakat sebagai wadah pembinaan, pembangunan dan pengembangan generasi muda. Karang Taruna memberikan wewenang dan tanggung jawab bagi anggota melalui berbagai kegiatan di masyarakat guna meningkatkan dan membina partisipasi pemuda serta mengembangkan potensi generasi muda agar mampu melakukan hal positif di masyarakat sebagai bentuk partisipasi pemuda dalam kehidupan bermasyarakat.Batasan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode Karang Taruna dalam membina partisipasi pemuda di masyarakat?(2) Apa yang menjadi kendala yang dihadapi Karang Taruna dalam membina pemuda agar memiliki pribadi yang partisipatif di masyarakat?(3) Bagaimana upaya Karang Taruna dalam membina pemuda agar memiliki pribadi yang partisipatif di masyarakat?(4) Bagaimana partispasi pemuda setelah dibina Karang Taruna dalam kegiatan di masyarakat?Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan penelitian yang bersifat Studi Kasus. Karenanya penulis bertujuan untuk memahami objek yang ditelitinya. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, wawancara, dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Metode Karana Taruna Dalam Membina Kepribadian yang Partisipatif di Masyarakat dengan cara komunikasi persuasif dn interaktif kepada masyarakat sehingga msyarakat mengetahui tugas dan fungsi karang taruna dan melakukan program program kerja yang membantu masyarakat. (2) Kendala yang di hadapi dalam membina kepribadian yang partisipatif di masyarakat adalah peran pemuda sekarang ini sungguh sangat memprihatinkan, banyak pemuda sekarang yang jarang bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat dan kurangnya kesadaran minimnya wawasan kebangsaan, kebhinekkaan, dan penerapan nilai-nilai pancasila membuat komplit permasalahan di kalangan pemuda. (3) Upaya Karang Taruna dalam Membina Kepribadian yang partisipatif di masyarakat adalah mengupayakan kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan agar pemuda mau ikut serta dalam kegiatan Karang Tarunya, serta Upaya karang taruna dalam membina pemuda dengan mengadakan pelatihan untuk anggotanya dan mengikuti pelatihan yang diadakan karan taruna kabupaten yang diikuti seluruh karang Taruna Tingkat desa. (4) partisipasi pemuda terhadap karang taruna dalam membina kepribadian yang partisipatif di masyarakat yaitu masih naik turun dikarenakan kesibukan pribadi masing masing, belum tersadar bahwa pemuda adalah generasi penerus bangsa dan negara maka dari itu diharapkan pemuda lebih bisa bersosialisasi kepada masyarakat karena pemuda adalah regenerasi penerus majunya tonggak pemimpin di bangsa ini. Kata kunci: Karang Taruna, Kepribadian dan Parisipatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Feb 2017 06:39
Last Modified: 03 Feb 2017 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item