PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUAHAMMAD AL QODRI, 125030027 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. ABSTAC.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
20.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan gambaran kemampuan penulis melaksanakan pembelajaran menganalisis teks cerpen dan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XI SMA Nasional Bandung dalam menganalisis teks cerpen. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis struktur cerpen dengan menggunakan model Discover learning di kelas XI SMA Nasional Bandung? (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung menganalisis struktur teks cerpen, dan kaidah penulisan teks cerpen? dan (3) Efektifkah model discovery learning diterapkan dalam pembelajaran menganalisis teks cerpen, dan kaidah penulisan teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis teks cerpen dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMA Nasional Bandung; (2) Siswa kelas XI SMA Nasional Bandung mampu menganalisis struktur teks cerpen, dan kaidah penulisan teks cerpen; dan (3) Model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks cerpen pada siswa kelas XI Nasional Bandung. Hasil penelitian sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis teks cerpen dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI Nasional Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,32 yang termasuk kategori baik. b. Siswa kelas XI Nasional Bandung mampu menganalisis teks cerpen, dan kaidah penulisan teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 53,39 dan nilai rata-rata postes sebesar 76,07 Peningkatannya sebesar 22,68 atau 42%. c. Model discovery learing efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisisi teks cerpen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik thitung > ttabel, yakni 16,49 > 2,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 27.. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, menganalisis teks cerpen, dan Model discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Feb 2017 02:42
Last Modified: 03 Feb 2017 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item