Model Kooperatif Vehicle Routing Problem (VRP).

DIANA RIZKY APRILLIANY, 123010137 and Mohammad Syarwani, DS and Tjutju Tarliah.D, DS (2017) Model Kooperatif Vehicle Routing Problem (VRP). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK DIANA 123010137.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DIANA 123010137.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I DIANA 123010137.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Vehicle Routing Problem merupakan persoalan penentuan rute perjalanan dari titik depot menuju titik distribusi dengan batasan-batasan tertentu. Tujuan VRP yaitu untuk meminimalkan jarak, ongkos, ataupun waktu tempuh perjalanan. Adanya sumber daya fasilitas yang terbatas dan lokasi titik distribusi yang tersebar luas menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi rute perjalanan yang akan ditempuh tersebut. Kondisi inilah yang menjadi salah satu alasan dari sejumlah pihak depot untuk melakukan kerjasama. Kerjasama antar depot ini kemudian disebut kooperatif Vehicle Routing Problem (VRP). Kooperatif VRP dibentuk dari sejumlah single VRP, sehingga kooperatif VRP merupakan multi depot VRP. Pada kasus ini terdapat 4 single VRP yang akan digabung dan dikelompokan menjadi 11 skenario kooperatif VRP. Skenario kooperatif VRP ini terdiri dari kombinasi anggota depot 1 dengan depot 2, depot 3 dan depot 4. Penyelesaian kooperatif VRP ini dilakukan dengan sejumlah tahapan. Tahapan yang pertama adalah grouping (pengelompokan titik layanan distribusi) dengan menggunakan penyelesaian model transportasi. Kedua, membentuk rute perjalanan dengan metode savings Clarke-Wright. Setelah rute perjalanan terbentuk, baik pada masing-masing single VRP maupun kooperatif VRP maka dilakukan perhitungan total ongkos perjalanan dari masingmasing skenario yang ada. Data ongkos yang digunakan bersifat simetris dan asimetris. Hasil total ongkos perjalanan pada single VRP dengan kooperatif VRP akan dilihat seberapa besar selisihnya. Selisih ongkos perjalanan merupakan nilai penghematan ongkos (cost saving) yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih skenario yang memberikan nilai ongkos perjalanan yang lebih sedikit. Nilai cost saving yang paling minimum ditemukan pada skenario kooperatif VRP yang ke-15 (kombinasi depot 1 hingga 4),baik pada data simetris ataupun asimetris. Nilai cost saving yang dihasilkan masing-masing sebesar 35.88 satuan dan 7.54 satuan. Kata Kunci : Vehicle routing problem, kooperatif vehicle routing problem, savings method Clarke-Wright, cost saving.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Feb 2017 12:43
Last Modified: 02 Feb 2017 12:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item