PEMANFAATAN LIBRARY OPENCV DAN TESSERACT UNTUK PENGENALAN PLAT NOMOR MOBIL FORMAT NEGARA INDONESIA (Studi Kasus : Aplikasi Transaksi Parkir)

DANAR MARDIANSYAH, 113040244 and Sandhika Galih Amalga, ds and Wanda Gusdya, DS (2017) PEMANFAATAN LIBRARY OPENCV DAN TESSERACT UNTUK PENGENALAN PLAT NOMOR MOBIL FORMAT NEGARA INDONESIA (Studi Kasus : Aplikasi Transaksi Parkir). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_113040244.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_113040244.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_113040244.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Optical Character Recognition merupakan cabang dari konsep artificial intelligence dari bidang pengolahan citra, di mana pengenalan karakter diimplementasai dalam sebuah perangkat lunak yang mengenali karakter pada plat nomor kendaraan sangat bermanfaat. Perangkat lunak pengenalan plat nomor kendaraan memiliki peranan penting untuk membantu manusia dalam melakukan kegiatan seperti perparkiran di mal atau tempat keramaian yang lain. Namun di Negara Indonesia sendiri pengenalan plat nomor masih jarang dilakukan pengembangannya. Salah satu permasalahannya untuk kendaraan di Indonesia yaitu tahap pendeteksiannya. Meskipun sudah banyak pengembangan yang dilakukan di luar negri, tidak dapat langsung diterapkan Karena struktur dan karakteristik plat nomor setiap negara berbeda-beda. Oleh karena itu optical character recognition (OCR) pada plat nomor menjadi topik Tugas Akhir ini. Teknologi yang digunakan yaitu library OpenCv sebagai libray pengolahan citra dan Tesseract sebagai libray optical character recognition (OCR) yang akan diimplementasikan pada perangkat lunak transaksi parkir.Perangkat lunak transaksi parkir ini diharapkan mampu mengenali karakter huruf dan angka yang terdapat dalam citra. Citra plat nomor kendaraan ditangkap menggunakan kamera digital dan diproses melalu beberapa tahap. Secara umum tahap pengenalan terdiri dari image prosessing, plate detection dan character recognition. Hasil dari tugas akhir ini adalah perangkat lunak aplikasi transaksi parkir yang dapat mengenali plat nomor kendaraan secara otomatis melalui kamera digital. Pengujian perangkat lunak langsung menggunakan perangkat lunak yang telah dibangun terhadap hasil dari pengenalan plat nomor kendaraan. Kata Kunci : Optical character recognition, Image detection, OpenCV, Tesseract, transaksi parkir

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Feb 2017 11:33
Last Modified: 02 Feb 2017 11:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item