VARIASI JENIS BAHAN PENGIKAT DAN KONSENTRASI GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER PADA PEMBUATAN VEGETABLE LEATHER DAUN KATUK (Sauropus androgynous)

MONICA ARIESTA, 123020090 and Neneng Suliasih, DS and SUPLI EFFENDI, DS (2016) VARIASI JENIS BAHAN PENGIKAT DAN KONSENTRASI GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER PADA PEMBUATAN VEGETABLE LEATHER DAUN KATUK (Sauropus androgynous). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MONICA ARIESTA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR MONICA ARIESTA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi jenis bahan pengikat dan konsentrasi gliserol pada pembuatan Vegetable Leather daun katuk. Model rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian pembuatan vegetable leather adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 (dua) faktor, dilakukan dengan 3 (tiga) kali ulangan,sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Faktor percobaan terdiri dari variasi jenis bahan pengikat (Maltodekstrin 2%, CMC 1%, Karagenan 0.6%) dan konsentrasi gliserol (0.2%, 0.4%, dan 0.6%). Respon kimia yang dilakukan terhadap vegetable leather ini adalah penentuan kadar kalsium, dan kadar serat kasar dan respon organoleptik terhadap warna, aroma, rasa dan tekstur. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa variasi jenis bahan pengikat berpengaruh terhadap tekstur, kadar serat kasar, dan kadar kalsium. Konsentrasi Gliserol berpengaruh terhadap tekstur, kadar serat, dan kadar kalsium. Interaksi antara variasi jenis bahan pengikat dan konsentrasi gliserol berpengaruh terhadap tekstur, dan kadar serat. Produk terpilih yaitu vegetable leather dengan variasi jenis bahan pengikat CMC 1% serta konsentrasi gliserol 0.2%, dengan kadar serat 5.82% dan kadar kalsium 143.41 mg/100g sampel, aktivtas antioksidan yang ditunjukkan sampel terpilih sebesar 1545.244 ppm. Kata kunci : Vegetable leather, Maltodekstrin, CMC, Karagenan, Gliserol

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 02 Feb 2017 08:18
Last Modified: 09 Jan 2018 05:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15789

Actions (login required)

View Item View Item