AJENG DIEN AMANDA, 115030012 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TABEL KLASIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (deal).pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
BAB III (Autosaved) (Repaired).pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
Text
BAB IV (Repaired).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mengidentifikasi berkaitan dengan keterampilan menulis. Salah satunya yaitu menulis ciri kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan teknik tabel klasifikasi, yang menekankan pada konsep kerja sama dan perencanaan karang pada sebuah tulisan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan teknik tabel klasifikasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisidengan menggunakan teknik tabel klasifikasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan simpulan pemakaian ciri kebahasaan dengan tepat?; dan 3) Efektifkah teknik tabel klasifikasi digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Pasndan 3 Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi engan menggunakan teknik tabel klasifikasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. 2) Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu mengidetifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan teknik tabel klasifikasi. 3) Teknik tabel klasifikasi efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan teknik tabel klasifikasi pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaa dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,66 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu mengidentifikasi ciri kebahasaan dengan tepat. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata pretes sebesar 24,1 nilai rata-rata postes sebesar 72,1. Peningkatan sebesar 48. c. Teknik tabel klasifikasi efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 28,8, ttabel sebesar 22,4 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 23. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, ciri kebahasaan teks eksposisi, dan teknik tabel klasifikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 08:05 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 08:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15784 |
Actions (login required)
View Item |