PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

MARIAM TRESNA KOMARA, 125040040 (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover skripsi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
14. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul “Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Keanekaragaman Hayati” ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning) pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain “Pretest-Postest Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Jatinangor tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah sebanyak 6 kelas dengan sampel dua kelas yaitu X IPA 1 dan X IPA 2 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes obyektif berjumlah 30 soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data post-test dengan uji t didapatkan hasil bahwa thit > ttab pada taraf kepercayaan 1 %, yakni 2,84 > 2,65. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata atau signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di kelas X dalam materi Keanekaragaman Hayati. Nilai rata-rata post-test kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 80,50 sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 73,95. Kata kunci : Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 02 Feb 2017 06:08
Last Modified: 02 Feb 2017 06:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15755

Actions (login required)

View Item View Item