MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF CERITA FANTASI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 JATISARI KOTA KARAWANG

EGGY RISMASELLIA, NIM 148090001 (2017) MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF CERITA FANTASI DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 JATISARI KOTA KARAWANG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL TESIS GIETA.docx

Download (100kB)

Abstract

Rismasellia, Eggy 2017, Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerita Fantasi dan Hubungannya Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri1 Jatisari Kota Karawang.Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung.Pembimbing: (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd, (II) Prof. Dr. Ir. Wisnu Cahyadi, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi minimnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis kreatif cerita dan kemandirian belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Apakah siswa mampu menulis kreatif cerita fantasi melalui model pembelajaran discovery learning ? 2.Seperti apakah bentuk kemandirian siswa dalam menulis kreatif cerita fantasi melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning? 3.Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap tingkat kemandirian belajar dalam kaitannya dengan kemampuan menulis kreatif cerita fantasi?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu. Artinya, ekseperimen yang tidak sebenarnya. Dikatakan demikian, karena eksperimen jenis ini belum memenuhi persyaratan seperti cara eksperimen yang dapat dikatakan ilmiah mengikuti aturan-aturan tertentu Arikunto (2010:123). Dalam eksperimen ini digunakan data hasil tes menulis kreatif cetita fantasi. Keterampilan menulis kreatif cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kemandirian belajar untuk mengetahui keberhasilan belajar tersebut. Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya penelitianadanyapengaruh model pembelajarandiscovery learningpadakemampuanmenuliskreatifceritafantasi dan berdasarkanhasil data tentangangketkemandirianbelajarsiswa,kemandirian di kelaseksperimen(discovery learning) dan di kelaskonvensional tidakjauhberbeda tetapi adaperbedaankemampuanmenulis yang signifikanantara yang kemandiriannyarendah di kelaskonvensionaldengan yang kemandiriannyatinggidi kelaseksperimen(discovery learning) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap tingkat kemandirian belajar siswa dalam kaitannya dengan kemampuan menulis kreatif cerita fantasi., maka dapat di simpulkan bahwa kemadirian belajar berpengaruh pada kemampuan menulis kreatif cerita fantasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 02 Feb 2017 07:40
Last Modified: 02 Feb 2017 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item