KAJIAN PERBANDINGAN TEPUNG BERAS KETAN BASAH DENGAN TEPUNG BERAS KETAN KERING DAN KONSENTRASI KELAPA PARUT TERHADAP KARAKTERISTIK ULI KETAN (Oryza sativa glutinosa)

NURUL FITRIANI, 123020021 and Sumartini, DS and Yusman Taufik, DS (2017) KAJIAN PERBANDINGAN TEPUNG BERAS KETAN BASAH DENGAN TEPUNG BERAS KETAN KERING DAN KONSENTRASI KELAPA PARUT TERHADAP KARAKTERISTIK ULI KETAN (Oryza sativa glutinosa). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (26kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Uli ketan atau yang lebih dikenal dengan sebutan ulen (bahasa Sunda) adalah salah satu makanan Khas Sunda diantara banyak makanan tradisional lain yang dikenal di Tanah Pasundan. Dalam rangka mengefisiensikan waktu dalam pembuatan uli ketan maka dapat digunakan tepung beras ketan sebagai bahan baku utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara tepung beras ketan bahas dan tepung beras ketan kering, dan konsentrasi kelapa yang optimal pada pembuatan uli ketan (Oryza sativa glutinosa). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor penelitian ini adalah perbandingan tepung beras ketan basah dengan tepung beras ketan kering (A) dan konsentrasi kelapa parut (B). Berdasarkan hasil pengujian organoleptik pada penelitian pendahuluan, lama perendaman yang terpilih dan digunakan untuk penelitian utama adalah p2 dengan lama perendaman 6 jam. Perbandingan tepung beras ketan basah dan tepung beras ketan kering berpengaruh terhadap kadar pati dan tekstur uli ketan. Konsentrasi kelapa parut berpengaruh nyata terhadap rasa dari uli ketan. Interaksi antara perbandingan tepung beras ketan basah dan tepung beras ketan kering dan konsentrasi kelapa parut tidak berpengaruh terhadap karakteristik uli ketan. Kata Kunci: Uli Ketan, Ulen, Tepung Ketan basah, Tepung Ketan Kering, Konsentrasi Kelapa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 01 Feb 2017 13:47
Last Modified: 18 Mar 2021 05:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item