PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA FILM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN PASEH 2 KECAMATAN PASEH , KABUPATEN SUMEDANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Paseh 2 Kec. Paseh Kab. Sumedang Tahun Ajaran 201 5 / 201 6) SKRIPSI disusun untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh : o leh FAJAR MUHAMAD NPM 115 060350 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017

FAJAR MUHAMAD, 115060350 (2017) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA FILM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN PASEH 2 KECAMATAN PASEH , KABUPATEN SUMEDANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Paseh 2 Kec. Paseh Kab. Sumedang Tahun Ajaran 201 5 / 201 6) SKRIPSI disusun untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Oleh : o leh FAJAR MUHAMAD NPM 115 060350 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sunda.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penggunaan Model Inkuiri dengan Media Film dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Siswa Kelas V SDN Paseh 2 Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang Penelitian ini dilatar belakang i oleh masalah kemampuan menyimak pelajaran pada siswa kelas V SDN Paseh 2 yang rendah pada pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik , sehingga membuat kemampuan menyimak siswa rendah . R umusan masalah yang akan diteliti m eliputi kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan media film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat , langkah - langkah penggunaan model dan media, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri . Penelitian ini bert ujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan model inkuiri dengan m edia film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat, langkah - langkah penggunaan model inkuiri dan med ia dalam pembelajaran, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri dengan media film . Metode penelitian ini meng gunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) . Objek dari penelitian adalah si s wa kelas V SDN Paseh 2 . T ekni k pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian pada tahap pra siklus yaitu 80 % siswa belum tuntas, dan 20 % siswa sudah tuntas . Hasil dari a ktivitas siswa pada siklus I ada 5 siswa dan siklus II ada 31 siswa yang dinyatakan tuntas . A ktivitas guru pada siklus I mencapai 78% dan siklus II 93%, sedangkan h asil tes menyimak p elajar an dari siswa kelas V SDN Paseh 2 pada siklus I mencapai 40 % yang tuntas dan siklus II mencapai 83 % yang tuntas . Dengan demikian , pembelajaran menggunakan model i nkuiri dinyatakan berhasil . Kata kunci: Model p embelajaran i nkuiri , kemampuan menyimak, media film .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:07
Last Modified: 03 Feb 2017 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item View Item