MANAJEMEN KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN LUGINASARI 1 KOTA BANDUNG

Teti Jumasih Nursima, NPM: 148020004 (2017) MANAJEMEN KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN LUGINASARI 1 KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
sinopsis TESIS.docx

Download (54kB)
[img] Text
judul artikel.docx

Download (26kB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah guru kurang menerapkan manajemen kelas pada kegiatan belajar mengajar di kelas dan berdampak menurunnya hasil belajar terlebih lagi dalam implementasi Kurikulum 2013, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengungkap data empiris tentang, permasalahan manajemen kelas di SDN Luginasari 1 Bandung, permasalahan manajemen kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 serta solusi dari permasalahan manajemen kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Landasan teori merujuk kepada Konsep Manajemen, Manajemen Pendidikan, Manajemen Pembelajaran, Manajemen Kelas, Hasil Belajar, Penelitian Terdahulu, Kerangka Pemikiran, Proposisi Penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tekhik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah mengungkap permasalahan manajemen kelas di SDN Luginasari 1 sudah berjalan seperti biasanya dalam paradigma lama berdasarkan pengalaman dan kebiasaan pembelajaran konsep lama, murid sebagai objek, permasalahan manajemen kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 berkenaan dengan teori dan langkah manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kelas serta dengan memperhatikan faktor internal dan faktor eksternal dari peserta didik dalam belajar, selanjutnya solusi dari permasalahan manajemen kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 dengan langkah preventif dan kuratif serta dengan pendekatan manajemen kelas yang sesuai. Kesimpulan dari penelitian ini, proses pembelajaran dalam kaitannya dengan manajemen kelas sebagai bagian integral dari proses belajar mengajar, Untuk mengatasi hal tersebut diketahui adanya potensi bahwa guru memerlukan dedikasi tinggi dalam manajemen kelas untuk memotivasi peserta didik yang perlu dididik dan diarahkan dalam masa tumbuh kembang peserta didik. Kata Kunci: Manajemen kelas, implementasi Kurikulum 2013, hasil belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:04
Last Modified: 01 Feb 2017 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item