PROGRAM EDUKASI IMUNISASI MELALUI MEDIA SOSIAL DI PT BIO FARMA (PERSERO)

Nanda Kurnia Putri, 142050459 (2017) PROGRAM EDUKASI IMUNISASI MELALUI MEDIA SOSIAL DI PT BIO FARMA (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (122kB)
[img] Text
ABSTRAK + Daftar Isi.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (18kB)
[img] Text
Sub BAB II.docx

Download (164kB)
[img] Text
Sub BAB I.docx

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)

Abstract

Sosial media memiliki peranan yang sangat penting dalam penyebarluasan informasi khususnya dalam memberikan edukasi tentang pentingnya imunisasi untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Kampanye negatif terkait vaksin dan imunisasi adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemberitaan negatif tentang vaksin dan imunisasi ini sangat berpengaruh terhadap pandangan masyarakat, khususnya masyarakat yang sangat minim pendidikan kesehatan. Bio Farma sebagai perusahaan yang memproduksi vaksin dan antisera memiliki tanggung jawab dalam meluruskan informasi yang tidak benar seputar vaksin dan imunisasi. Melalui “Info Imunisasi” sebagai salah satu sarana kampanye sosial di media sosial Facebook, Bio Farma memberikan informasi edukasi seputar vaksin dan pentingnya imunisasi serta informasi lainnya seputar kesehatan anak-anak pada khususnya, karenaimunisasi merupakan salah satu upaya preventif untuk mencegah penyakitmelalui pemberian kekebalan tubuh yang harus dilaksanakan secara terus-menerus dan menyeluruh, dan dilaksanakan sesuai standar sehingga mampu memberikanperlindungan kesehatan dan memutuskan mata rantai penularan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara narasumber dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa edukasi imunisasidapat dilakukan melalui “Info Imunisasi” di media sosial Facebook, dan dengan selalu memberitakan informasi yang positif tentang vaksin dan imunisasi, dan informasi himbauan sadar imunisasi pada setiap unggahan di “Info Imunisasi” media sosial Facebook akan menggerakan kesadaran masyarakat untuk lambat laun menepis kampanye negatif tentang vaksin dan imunisasi serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan para penggunanya untuk tidak ragu melakukan imunisasi kepada buah hatinya. Kata kunci: Vaksin, Imunisasi, Kampanye Negatif, Corporate Communication

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 01 Feb 2017 06:21
Last Modified: 01 Feb 2017 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15675

Actions (login required)

View Item View Item