KAJIAN KOMPETENSI LULUSAN MELALUI KOMPETENSI GURU DAN KINERJA GURU SEBAGAI DAMPAK DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMUNIKASI (Survey Pada SMA di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah)

HERMAN MOHAMAD, NPM. 139010007 (2017) KAJIAN KOMPETENSI LULUSAN MELALUI KOMPETENSI GURU DAN KINERJA GURU SEBAGAI DAMPAK DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMUNIKASI (Survey Pada SMA di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Herman Mohamad 139010007.docx

Download (102kB)

Abstract

Herman Mohamad, Kajian Kompotensi Lulusan melalui Kompetensi Guru dan Kinerja Guru sebagai Dampak dari Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Komunikasi (Survey Pada SMA di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah), dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Imam Sudirman, DEA sebagai Promoter dan Dr. Horas Djulius, SE sebagai Co-Promotor Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis; 1). Kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan komunikasi, kompetensi guru dan kinerja guru. 2). Pengaruh semua variable bebas terhadap kompotensi guru dan kinerja guru baik parsial maupun simultan. 3). Pengaruh kompotensi guru dan kinerja guru terhadap kompotensi lulusan pada SMA di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode descriptive survey dan metode explanatory survey. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Propotional Random Sampling Methode, dengan ukuran sampel sebanyak 208 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path Analysis) Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan komunikasi, kompetensi guru dan kinerja guru dikategorikan cukup baik menuju baik. Kompotensi guru dikategorikan baik, kompotensi kelulusan dikategorikan cukup baik menuju baik. 2). Terdapat pengaruh semua variable bebas terhadap kompotensi guru sebesar 74,49 persen dan kinerja guru sebesar 75,37 persen. 3). Terdapat pengaruh kompotensi guru dan kinerja guru terhadap kompotensi lulusan sebesar 75,23 persen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kompotensi kelulusan perlu peningkatan peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru, perlu hubungan yang kondusif antara kepala sekolah dan para guru, perlu kesadaran langsung dari kepala sekolah untuk selalu terbuka dalam berkomunikasi dengan seluruh elemen sekolah, perlu peningkatan dan pengembangan aspek kompetensi professional guru, dan perlu peningkatan kinerja guru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman termasuk didalamnya perubahan paradikma dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kata Kunci : Kompotensi Lulusan, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 31 Jan 2017 08:57
Last Modified: 01 Feb 2017 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item