PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP ALGA

INTAN CHAERUNISA, 125040182 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP ALGA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi perbedaan dalam membandingkan hasil belajar kelas X dengan menggunakan model Problem Based Learning dan model Think Pair Share pada sub konsep Alga. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi, yaitu kelas X-1 yang berjumlah 30 orang dan X-3 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemapuan yang mengukur ranah kognitif berupa 30 soal pilihan ganda. Data hasil penelitian kelas Problem Based Learning didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar (3,84 ≤ 11,3) dan rata-rata posttest sebesar 81,13 sedangkan hasil penelitian kelas Think Pair Share didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 40,8 dan rata-rata posttest sebesar 70,8. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan pada model Problem Based Learning didapatkan hasil thitung. tabel yaitu 16,21 ≥ 2,682 dan pada Think Pair Share thitung. tabel yaitu 10,03 ≥ 2,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan-penerapan Problem Based Learning dengan Think pair Share untuk membandingkan hasil belajar siswa dalam pelajaran sub konsep alga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Akan tetapi, adanya perbandingan yang sangat signifikan penerapan Problem Based Learning lebih baik dari Think Pair Share. Kata kunci : Model Problem Based Learning, model Think Pair Share, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Feb 2017 02:20
Last Modified: 01 Feb 2017 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15620

Actions (login required)

View Item View Item