KAJIAN PERBANDINGAN RUMPUT LAUT DAN IKAN NILA SERTA PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK NORI IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

RANA HASNA HANIFAH, 123020048 and Ina Siti Nurminabari, Ds and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS (2017) KAJIAN PERBANDINGAN RUMPUT LAUT DAN IKAN NILA SERTA PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK NORI IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (27kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan rumput laut dan ikan nila serta lama pengeringan terbaik pada pembuatan nori ikan nila (Oreochromis niloticus). Manfaat dari penelitian ini adalah dapat lebih memanfaatkan hasil perikanan lokal khususnya ikan nila menjadi suatu produk siap makan, memodifikasi produk atau diversifikasi produk dari hasil perikanan, meningkatkan daya simpan produk olahan ikan, menambah variasi untuk makanan cemilan dan untuk meningkatkan nilai ekonomi. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3 dan ulangan sebanyak tiga kali. Rancangan perlakuan yang digunakan pada penelitian terdiri dari dua faktor, yaitu faktor Perbandingan Rumput Laut dan Ikan Nila (R) yang terdiri dari tiga taraf, yaitu r1 (1:1), r2 (1:2), dan r3 (1:3) dan faktor Lama Pengeringan (T) yang terdiri dari tiga taraf, yaitu t1 (5 jam), t2 (6 jam), dan t3 (7 jam). Respon organoleptik yang diamati meliputi warna, rasa dan aroma menggunakan uji hedonik. Analisis kimia yang dilakukan adalah kadar air menggunakan metode gravimetri dan kadar protein menggunakan metode kjeldhal. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan rumput laut dengan ikan nila dan lama pengeringan berpengaruh nyata terhadap kadar air dan kadar protein nori ikan nila. Nori ikan nila yang terpilih adalah perlakuan r2t3 (Perbandingan Rumput Laut dengan Ikan Nila 1:3 dan Lama Pengeringan 7jam) dengan kadar air 14,48% dan kadar protein 20,07%. Kata kunci : Rumput Laut, Ikan Nila, Lama Pengeringan, Nori Ikan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:05
Last Modified: 31 Jan 2017 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item