PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK

REGI MEITRI PUTRA, 155040112 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK indonesis.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
BAB III fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas XI IPA SMA Pasundan 3 Bandung terhadap konsep yang disebabkan antara lain oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Type Student Teams Achievment Division (STAD) dengan Metode Ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di SMA Pasundan 3 Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung dan sampelnya yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang di kelas XI IPA 1 dan 40 orang di kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Pre Test -Post Test Control Group Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan uji t dimana t hit > t tab dan berdasarkan nilai rata-rata antara Cooperative Type Student Teams Achievment Division (STAD) yaitu 57,675 sedangkan metode Ceramah 50,825, pada materi sistem gerak di SMA Pasundan 3 Bandung. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Cooperative Type Student Teams Achievment Division (STAD) berbeda dengan metode ceramah serta Cooperative Type Student Teams Achievment Division (STAD) lebih baik dibandingkan metode Ceramah. Berdasarkan Indeks Gain yaitu 0,48 dapat ditarik kesimpulan kembali bahwa peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Cooperative Type Student Teams Achievment Division (STAD) dengan metode Ceramah termasuk ke dalam kategori sedang. Kata Kunci : Cooperative Type Student Teams Achievment Division (STAD), Metode Ceramah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:00
Last Modified: 31 Jan 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item