PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tempuran)

LINTAR MARYOCMAN, 125010025 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tempuran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB III LINTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV LINTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V LINTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Penerapan, Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Proses pendidikan adalah persemaian dari kehidupan moral suatu masyarakat serta revitalisasi moral masyarakat itu sendiri. Peranan pendidikan dianggap sangat penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas Sekolah sebagai pranata sosial harus kondusif untuk dapat mengembangkan kepribadian yang kreatif, Oleh karena itu, pendidikan memiliki arti penting dalam kehidupan sehari-hari bagi seluruh umat manusia. Peneliti menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing yang merupakan model pembelajaran pembagian beberapa kelompok, lalu masing-masing anggota kelompok membagi sebuah pertanyaan pada selembar kertas yang dibentuk seperti bola, kemudian bola tersebut dilempar ke peserta didik yang selama durasi waktu yang ditentukan, yang selanjutnya masing-masing peserta didik menjawab pertanyaan dari bola yang diperolehnya. Untuk metode penelitian yang peneliti gunakan ialah penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian tindakan hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan-riset-tindakan-.... dst.” yang dilakukan secara siklus dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu dipecahkan. ( Prof. Dr. Ekawarna, M.Psi 2013, h. 5). Hasil dari penelitian yang telah peneliti peroleh dari lapangan menunjukkan hasil penelitian pada Siklus I hasil post tes diperoleh rata-rata skor peserta didik sebesar 68,48% dimana 14 orang peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dan 19 orang peserta didik belum tuntas dalam belajar, pada siklus II hasil post test sebesar 90,09% dimana dari 33 orang peserta didik tuntas semua. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing kreativitas peserta didik menjadi meningkat karena peserta didik yang baru menggunakan model pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pkn. Karena dengan menggunakan model tersubut peserta didik dapat belajar sambil bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:00
Last Modified: 31 Jan 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15605

Actions (login required)

View Item View Item