PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN LKS DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGGUNAKAN LKS PADA KONSEP SISTEM GERAK DI MAN CIANJUR

GENTI SUGIARTI, 125040026 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN LKS DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGGUNAKAN LKS PADA KONSEP SISTEM GERAK DI MAN CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAC.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III Fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
17. BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI .pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA Fiks.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas XI IPA MAN Cianjur terhadap konsep yang disebabkan antara lain oleh kurangnya kreativitas dalam kegiatan pembelajaran, kurang disiplinnya siswa dalam belajar, tidak mnggunakan modul pembelajaran LKS serta metode pembelajarannya pun masih menggunakan metode ceramah sehingga dianggap siswa sangat membosankan karena tidak ada variasi pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran LKS dengan siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran LKS dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak di MAN Cianjur. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Cianjur dan sampelnya yaitu kelas XI-3 dan XI-5 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang di kelas XI-3 dan 30 orang di kelas XI-5. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan uji t dimana t hit > t tab dan berdasarkan nilai rata-rata antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran LKS yaitu sebesar 77,17 sedangkan siswa yang tidak menggunakan LKS yaitu sebesar 68,33 , pada konsep sistm gerak di MAN Cianjur. Dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa yang menggunakan modul pembelajaran LKS berbeda dengan siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran LKS serta siswa yang menggunakan modul pembelajaran LKS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran LKS. Kata Kunci : Modul Pembelajaran LKS, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Jan 2017 07:00
Last Modified: 31 Jan 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15595

Actions (login required)

View Item View Item