PERBANDINGAN ANTARA SAWO MANILA (Manilkara zapota) DENGAN KONSENTRASI GULA KELAPA DAN LAMA PEMANASAN TERHADAP KARAKTERISTIK DODOL SAWO

Roy Iman Sutarya, Alumni and Ina Siti Nurminabari, Ds and Yusep Ikrawan, DS (2016) PERBANDINGAN ANTARA SAWO MANILA (Manilkara zapota) DENGAN KONSENTRASI GULA KELAPA DAN LAMA PEMANASAN TERHADAP KARAKTERISTIK DODOL SAWO. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ARTIKEL TA ROY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Maksud dan tujuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan sawo dengan gula kelapa dan lama pemanasan dalam pembuatan dodol sawo. Model rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian pembuatan dodol sawo adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 (dua) faktor, dilakukan dengan 3 (tiga) kali ulangan, sehingga memperoleh 27 satuan percobaan. Faktor percobaan terdiri dari rasio buah sawo : gula kelapa (50 :20%, 45 :25 %, 40 :30%) dan lama pemanasan (90 menit, 120 menit, 150 menit). Respon kimia yang dilakukan terhadap dodol sawo ini adalah penentuan kadar air dan kadar gula total. Respon fisik yaitu analisis tekstur menggunakan alat Penetrometer dan uji organoleptik terhadap atribut aroma, rasa, warnaa dan tekstur. Hasil penelitian yang didapat bahwa perbandingan sawo dengan gula kelapa berpengaruh terhadap atribut kadar air, kadar gula total, analisis tekstur, aroma, rasa, warna, dan tekstur pada dodol sawo. Lama pemanasan berpengaruh terhadap atribut kadar air, kadar gula total, analisis tekstur, aroma, rasa, warna, dan tekstur pada dodol sawo. Interaksi antara perbandingan sawo dengan gula kelapa dan lama pemanasan berpengaruh terhadap atribut gula total, aroma, rasa dan warna pada dodol sawo. Perlakuan terbaik diperoleh pada perlakuan a3b1 yaitu dengan perbandingan sawo : gula kelapa 40 : 30% dengan lama pemanasan 90 menit. Dodol hasil eksperimen terbaik mengandung kadar lemak 7,73 % dan kadar serat kasar 3,89 %.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:11
Last Modified: 31 Jan 2017 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item